Ratu sikumbang


Nama ratu sikumbang bagi masyarakat sumatra barat sepertinya sudah tidak asing lagi, nama ini sangat dikenal terlebih bagi para penikmat musik dan lagu-lagu minang. Penikmat lagu minang sendiri menurut saya sepertinya tidak berbatas dari segi usia, mulai dari anak-anak SD, laki-laki-perempuan, sampai kakek-nenek.

Kalangan yang menggemari lagu minang datang dari beragam profesi, mulai dari para pejabat daerah, pengusaha, guru, mahasiswa, tukang ojek, ibu rumah tangga, sampai pengamen. Bahkan ada orang yang tidak berdarah minang sedikitpun saya temui, yang sangat menggemari lagu-lagu minang, serta hapal beberapa puluh lagu, dari lagu yang sedang hits saat ini sampai lagu-lagu lawas minang yang telah terkenal di tingkat nasional.

Siapa ratu sikumbang ?


Foto-Ratu-Sikumbang
Foto-Ratu-Sikumbang

Ratu sikumbang adalah satu dari sekian banyak penyanyi minang yang tengah eksis saat ini, namanya sangat terkenal karena hampir dari semua lagu-lagu yang dibawakannya jadi hits, dan bisa dikatakan dari sekian banyak nama-nama penyanyi minang tersebut, nama ratu sikumbanglah yang paling populer.

Kenapa bisa ? menurut pengamatan saya, hal itu terjadi karena ratu sikumbang memang memiliki kharisma dan daya tarik tersendiri di bandingkan penyanyi lainnya. Bisa kita nilai dari suaranya yang sangat merdu serta ditambah paras cantik. Ini juga nilai tambah bagi ratu sikumbang untuk di idolakan oleh orang-orang. Selain itu, dengan didukung suara yang merdu, pihak manajemen dan label yang menaungi ratu sikumbang sepertinya juga sangat profesional dalam mengelola dan membuat setiap karya yang akan diluncurkan ke pasar (album musik). Ini bisa dilihat dari tiap album-album ratu sikumbang yang selalu laris manis, karena memang album-album tersebut dikemas dengan aransemen musik yang berkualitas dan terkesan lebih modern. Jadi bagaimana tidak jika lagu-lagu tersebut menjadi hits, meskipun lagu itu adalah lagu lama. Tapi karena di bawakan oleh ratu sikumbang jadi terdengar baru lagi.

Dari segi suara, menurut saya ratu sikumbang memang sangat cocok sekali bila membawakan lagu-lagu minang. Lagu minang kebanyakan berisikan syair-syair tentang kesedihan (lagu galau)serta dibawakan dengan vokal yang mendayu-dayu, sangat sinkron dengan suara ratu sikumbang yang terbilang tinggi ini. Namun, meski kebanyakan membawakan lagu sedih, ada juga beberapa lagu ratu sikumbang yang bergenre lagu gembira. Bahkan, dari sekian banyak album yang telah dikeluarkan oleh ratu sikumbang, ada beberapa album yang khusus berisikan lagu remix dengan aransemen musik yang sedikit nge-DJ. Lagu-lagu sedih tersebut disulap menjadi lagu yang bisa membuat kepala kita geleng-geleng secara spontan ketika mendengarkannya.

Begitupun halnya dengan pihak ratu sikumbang dalam mengapreasiasi penggemarnya yang sudah dikatakan hampir ada di setiap kota-kota di sumatra barat. Untuk mewadahi kekompakkan fans setianya ini maka dibuatlah sebuah komunitas penggemar ratu sikumbang yang dinamakan Queenlovers. Queenlovers berisikan fans ratu sikumbang yang terdiri dari berbagai umur, dan dinamakan sesuai dengan nama daerahnya masing-masing. Tidak hanya disumatra barat, komunitas Queenlovers ini tersebar di beberapa provinsi antara lain, Jambi, Riau, bahkan samapai ke negara tetangga Malaysia. Disetiap daerah dimana diadakan konser Ratu sikumbang biasanya para Queenlovers ini selalu hadir, dalam menunjukkan bentuk dukungannya terhadap Ratu sikumbang serta meramaikan acara.

Data terakhir yang saya dapatkan, setidaknya ada 12 Komunitas Queenlovers yang dalam waktu beberapa tahun belakangan ini ikut mengiringi kesuksesan Ratu sikumbang. Antara lain Queenlovers Jambi, Sibolga, Pekanbaru, Payakumbuh, Bukittinggi, Padang, Pangkal pinang, Jakarta, Malaysia, Pariaman, dan Bangkinang.

Profil - biodata lengkap dan prestasi ratu sikumbang


Ratu sikumbang lahir di Serang tanggal 2 April 1994 dengan nama lengkap Ratu Prillia Menez. Dibalik nama besar yang telah didapatkan oleh ratu sikumbang saat ini, sepertinya hal itu juga tidak jauh dari bakat alami yang ada dalam diri ratu, melihat dari sejak usia 4 tahun ratu sikumbang sudah sering memenangkan berbagai lomba diacara bergengsi tingkat nasional maupun daerah. Apakah bakat ini bersifat keturunan, saya tidak tau.

Prestasi Ratu sikumbang dibidang tarik suara dan dunia hiburan itu anatara lain

  • Sejak usia 4 tahun sudah mengisi acara TPI Kring Olala pada tahun 1998.
  • Waktu  TK, tahun 1999 mendapatkan Juara 1 tingkat TK lomba menyanyi AT MAHMUD.
  • Waktu  SD mendapat juara 1 menyanyi tingkat SD dan selalu menjadi juara 1 sampai tamat SD.
  • SMP kelas 2, membawa nama sekolah juara 1 tingkat Provinsi Banten dan diutus ke Bandung untuk tingkat Nasional FLSN2N Juara 2.
  • Waktu di SMA tahun 2009, nyanyi di acara-acara resmi Provinsi.
  • Tahun 2008, mengikuti Reality Show TPI di acara Lansung Beken, mendapatkan juara 2.
  • Tahun 2009, mendapatkan juara 1di acara Reality Show TPI, Twist n Shot.
  • Tahun 2010, utusan dari sekolah mengikuti KANG dan NONG, dan menang jadi NONG Serang Banten.
  • Tahun 2011 ikut FLSN2N tingkat SMA se Banten, mandapatkan Juara 1 serta Medali Emas dan mewakili Banten ke tingkat Nasional di Surabaya.
  • Juara 1 Idola Honda Banten yang diadakan TV Baraya dengan Hadiah motor Beat.
  • Ikut Happy Song di INDOSIAR, mendapatkan Juara 1 dengan Hadiah 14jt.
  • Pada Oktober 2011, Ratu ikut Boy n Girl Band di SCTV dengan nama GirlBand “QUEEN”, masuk 8 besar.
  • Tahun 2009, Waktu di SMA nyanyi di acara-acara resmi Provinsi, dan mulai rekaman Pop Minang.

Diskografi album ratu sikumbang

Kemunculan ratu sikumbang dalam mewarnai musik ranah minang berawal dari tahun 2011 dengan dikeluarkannya album Talambek Pulang (2011). Memang belum cukup lama sob, tapi bila kita lihat dari rentang waktu yang lumayan cepat ini (2011-2015) setidaknya 10 album sudah dikeluarkan oleh ratu sikumbang. Diantaranya :

  • “Balam Tigo Gayo” Ft. Decky Ryan & Uchi, Produser In Dukun
  • “Jaso Mandeh”, Produksi DK Entertainment
  • “Kelok 9″, Produksi DK Entertainment
  • “Talambek Pulang”, Tahun 2011, Produser Agri’e
  • “Di Mimpi Datang Juo” Ft. Agri, Tahun 2012, Produser Agri’e
  • “Teluk Bayur” Pop Remix Indonesia Ft. Roza Selvia & Cici Agustina, Tahun 2012, Produser Samsuir (Uncu Planet)
  • “Pulanglah Yuang”, Tahun 2012, Produser Samsuir (Uncu Planet)
  • “Hiduik Di Rantau Subarang”, Desember Tahun 2012

Mungkin ada pertanyaan, mengapa dalam rentang waktu 5 tahun itu bisa puluhan album yang dikeluarkan ? Mungkin, itulah bedanya artis daerah dengan artis-artis tingkat nasional maupun internasional sob. Biasanya waktu yang dibutuhkan oleh artis daerah untuk memproduksi sebuah album tidak selama waktu yang dibutuhkan oleh artis nasional. Hal ini mengingat pasar yang di jangkau oleh lagu-lagu tersebut juga tidak seluas jangkauan lagu nasional. Album-album lagu daerah hanya menarget daerah tertentu, sedangkan penyanyi nasional ruang lingkupnya luas, bahkan sangat luas. Jadi, apabila sebuah album telah selesai di produksi, biasanya pihak manajemen fokus ketahap selanjutnya, yaitu promosi. Dan proses promosi ini yang memakan waktu cukup lama mengingat pangsa pasar yang luas. Hal ini tidak hanya terjadi bagi penyanyi minang, artis-artis lagu daerah lainnya seperti penyanyi lagu jawa, saya lihat prosedurnya juga seperti itu.

Baca juga : 
Istilah gaul remaja minang
Lagu-lagu minang ratu sikumbang
Ratu sikumbang dan keluarga

***

Oke, sob. Sekian dulu sedikit tulisan saya tentang profil lengkap, biodata, serta daftar album Ratu Sikumbang ini, Semoga data yang saya berikan di atas bisa membantu sobat blogger yang sedang mencari informasi tentang Ratu sikumbang.

Share :

Facebook Twitter Google+
19 Komentar untuk "Ratu sikumbang"

Hihihi artikelnya cowok banget yang sedang terpesona dengan biduan :D

Tiap hari di mobil papa aul lagu ini bang wkwkwk :))

Saya baru tau nih. Semoga Ratu bisa lebih sukses lagi ke depannya.

udah cantik,prestasinya banyakk,super sekali,,ngomong-ngomong alis matanya kayak syahroni ya,,eh sahrini

sejak pertama kemunculannya, saya demen banget sama si Ratu kumbang, apalagi kalau pas ngeliat kerlingan matanya yang bagaikan bola pingpong nan indah rupawan itu...hatiku bergetar dahsyat

Emang mas Cilembu tau lagu2 nya ?

Mungkin saya berpendapat agak berbanding dengan tulisan d atas, dimana saya berpandangan bahwa untuk kondisi kesenian di minang kekinian ini adalah layaknya kreatifitas nan membunuh identitas. Saya berani mengatakan sedemikian bahwa dari sekian banyak lagu minang yang saat ini bermunculan umpama cendawan di musim hujan tidak beberapa yang begitu melekat di kepala. Seperti yang sama kita paham bahwa minang merupakan kerajaan kata kata, dalam segi kehidupan kita mengenal kata kiasan, dan sebagainya nya. Dalam lagu minang saat ini, saya betul terhenyak dan beriba hati. Tidak saya temukan bahasa kiasan nan sarat makna hanya kata telanjang dan kosong makna. Seperti memasuki suatu ruang yang disebut dengan banalitas ruang -ruang ketidakberperasaan- adalah kemampuan manusia untuk merasa, berempati. Lagu minang sekarang lebih mengedepankan hedonisme, nikmat sesaat. Kembali kepada era tahun 1960an kita mengenal adjis sutan sati dengan lagu minang klasiknya yang begitu mendalam, ia -adjis sutan sati- juga manyampaikan perihal patah hati, namun tetap dalam bahasa kiasan seperti dalam lirik berikut ini:

Pajokumbuah batang limpasi
Karanggo ateh rangkiang
Batang tubuah dapek diganti
Namun lah rupo tak kunjuang hilang

Dalam pada itu, pada tahun atau era yang sama ada zulkarnain dengan lagu jenaka, orkes kumbang tjari, orkes gumarang, dan sebagainya. Kita masih ingat dengan lagu usah diratoik, ayam den lapeh, dan lainnya. Lagu tersebut begitu kuat dan syarat makna.
Terakhir tentu timbullah pertanyaan di diri, apa yang sekiranya membikin lagu minang klasik tersebut tidak populer? Pada suatu kesempatan saya berjumpa dengan seorang artis minang bernama mak lepai, kebetulan beliau kemanakan saya di dalam persukuan payobada. Terlibat kami dalam suatu diskusi, angan lalu, paham sampai didapatlah letak permasalahan tadi ialah pasar atau penikmat musik yang tidak lagi memahami ataupun menyukai bahasa klasik.
Kembali ke pangkal pembicaraan, memang minang merupakan kerajaan kata-kata, namun ironi saat ini, raja tersebut tengah demam.
Dalam satu peperangan, baik peperangan yang bermakna konotatif maupun denotatif, salah satu cara yang terbaik yang dilakukan satu pihak untuk mengalahkan pihak lain adalah dengan membunuh rajanya.
Pada saat seluruh masyarakat di dunia bisa dan mesti melakukan interaksi dengan orang-orang yang berbeda bahasa satu sama lain, dengan berbagai media komunikasi.
Dan pada saat ia dikhianati, tidak diakui dan dipercaya lagi sebagai raja, sebagai pengatur kehidupan bermasyarakat. Pada saat itulah bahasa minang mesti mengalah (atau kalah) dari bahasa-bahasa lain.
Umpama dalam rumah tangga saat ini orang tua lebih mau menggunakan bahasa Indonesia dalam mendidik anak-anaknya, begitu juga dalam lingkungan sekolah.
Sekali lagi bahwa bisa dikatakan bahasa minang sedang sakit. Bahasa minang memang masih hidup, dan setiap masyarakatnya masih tahu dengan bahasa tersebut. Tapi ia telah kehilangan "tuah", kehilangan kekuasaannya sebagai "raja" di minang.
Pendeknya maka kehilangan tuah bahasa minang adalah pangkal terjadinya degradasi bagi kebudayaan minang. Karena bahasa merupakan kontrol sosial bagi masyarakat minangkabau. Semoga, semoga lagu bulan lagi sebatas lagu yang telanjang dan kosong makna, rendang bukan lagi sekadar pengobat lapar.

Tapi ratu ini asli minang kah? Suku sikumbang?

kesan pertama: cantik dan berbakat.pasti followernya banyak di jejaring sosial ya.

Salah satu penyanyi yang memilih jalur karir lagu Minang.
Sangat berbakat dan punya semangat melestarikan lagu-lagu daerah Nusantara, khususnya lagu Minang.

Neng Ratu harus punya kenalan label ternama, supaya pamornya lebih ngehits di kancah penyanyi nasional... ternyata umurnya lebih tua saya yah...

Cantik banget si ratu kumbang hahaha

Wuih... cantik banget ya Neng Ratu :)

terima kasih atas pkongsianya bro..
menarik :)

Dari kecil prestasinya udah banyak banget. Cakep lagi.

Pinter masak juga gak tuh? Heheh.

waduuuhhh, aku gak ngerti kalo soal artis gini haha

Wah, banyaknya prestasi si Ratu Kumbang....cobalah suruh ikutan Indonesian Idol, atau dangdut Akademi dll,siapa tau beruntung, ehhehe

cantik... tp blum pernah denger suaranya

saya baru mengenal rau sikumbang ini ,.. cantik juga :)

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top