Ratu sikumbang itu sebenarnya orang mana sih ?


Yap, seperti yang sudah saya ceritakan di postingan Ratu sikumbang yang ternyata, bahwa tulisan tentang Ratu sikumbang ini awalnya hanya terdiri dari satu buah postingan, yang akhirnya dibagi jadi 3. Dan ini, adalah postingan yang ketiga atau yang terakhir dari seri Ratu sikumbang ... HeHe

Sebelum kita lanjut sob, saya sedikit cerita tentang sebuah pertanyaan yang sering diajukan teman-teman, baik teman2 blogger sejak saya mepublish tulisan tentang ratu sikumbang ini, maupun dari teman-teman di dunia nyata. Yaitu :

Apakah saya seorang fans ratu sikumbang ?

Gimana ya ?
Sebenanarnya bisa dikatakan iya, bisa tidak. Iya karena mengingat saya menggemari lagu ratu sikumbang, menjadikannnya koleksi meski daftar lagu yang di koleksi tersebut belum keseluruhan dari lagu ratu sikumbang. Bisa juga dikatakan tidak karena saya tidak tergolong fans fanatik (penggemar berat) –nya ratu sikumbang, saya juga belum jadi anggota Queenlovers. Dan sepertinya juga tidak berminat masuk kedalam komunitas tersebut.

Di dunia nyatapun, karena melihat perubahan saya yang sudah seperti tergila-gila dengan suara dan sosok ratu sikumbang, sehingga pernah seorang teman dulu, mengatakan saya pengen kawin sama ratu sikumbang HaHaHa....

Just info, untuk teman-teman, sudah dari dulu saya seorang penikmat dan penggemar lagu minang, secara saya orang minang koq. Dibesarkan oleh kedua orang tua yang asli minang, dan masih memegang kuat tradisi minang. Telinga ini dari kecilpun sudah sering mendengar lagu minang yang sering distel oleh papa, jadi sah-sah saja saya suka lagu minang. Tapi rasa suka itu berbatas hanya pada lagu yang mungkin semua orang juga mengatakannya bagus, seperti beberapa buah lagu penyanyi lama Elly Kasim, Tiar Ramon, Zalmon, Yen Rustam, Susi.

Dengan kata lain, saya menyukai lagu ratu sikumbang karena mengikuti tren dari musik minang itu sendiri, dan kebetulan lagu-lagu ratu sikumbang tersebut memang berkualitas.

Oke sob, mengenai penjelasan apakah saya itu penggemarnya ratu sikumbang, cukup sampai disitu saja. Saya harap dengan penjelasan tersebut teman-teman paham, dan dikemudian hari tidak ada lagi yang mengatakan bahwa saya pengen kawin dengan ratu sikumbang. Sebab saya sangat risih dengan pertanyaan tersebut, dan hal itu juga mungkin tak akan pernah terjadi. Tapi kalau ratu sikumbangnya mau kenapa tidak ??? #Busyet

Kembali kita ke topik postingan ini, sesuai dengan judul.

Sebenarnya orang mana ratu sikumbang itu ?


Apa yang di telah capai oleh ratu sikumbang dalam blantika musik minang adalah sebuah prestasi, karena sejak kehadiran ratu sikumbang, pamor lagu minang bisa dikatakan “naik lagi” serta mendapatkan image yang lebih baik. Sebab, menurut pengamatan saya (lah, sok-sok pengamat musik) sebelum eranya ratu sikumbang ini. Ranah musik minang sempat di banjiri dengan aliran musik yang sedikit lari dari konteks budaya minang itu sendiri, dengan munculnya penyanyi dan aliran musik yang tidak hanya menjual kualitas suara, tapi juga ditambah dengan aksi dan tarian erotis dalam setiap penampilan, bahkan sisi suara sudah dikesampingkan, seakan hanya menjual hiburan vulgar semata. Jelas ini sangat bertentangan dengan adat dan budaya minang.

Baca juga :
- 10 perkumpulan rahasia dunia
- Melihat isi ka'bah

Masa-masa ini berlangsung antara tahun 1999-2002, dimana musik minang yang aslinya menonjolkan kualitas musik dan suara, berganti dengan perpaduan aransemen musik modern (DJ, remix), juga lirik lagu yang dahulu banyak berisikan syair-syair kehidupan, petuah, berganti dengan lirik-lirik nakal yang kadang anak kecil saja ketika mendengarnya jadi risih dan bertanya-tanya.

Perpaduan ini sebenarnya bukanlah masalah, asalkan unsur musik minang nya tidak terlalu tersingkirkan, anggap saja penyesuaian terhadap perkembangan zaman. Tapi kenyataan yang terjadi, mereka ; para pemusik (penyanyi, pencipta lagu, arranger) masih saja mengatas namakan aliran yang mereka bawakan tersebut adalah musik dan lagu minang namun berisikan musik dan lagu yang tidak jelas arahnya.

Parahnya, penikmat (masyarakat) menunjukkan respon yang baik atas musik minang "sesat" ini, terbukti semakin hari semakin bermunculannya penyanyi pendatang baru di aliran tersebut. Dalam acara-acara hiburan yang diadakan penyanyi-penyanyi ini sering diundang untuk mengisi acara.

Seiring waktu, aliran ini meredup. Dan sekarang saya lihat sudah tidak ada lagi gaungnya. Penyebab mulai meredupnya aliran musik minang sesat ini, pastinya saya tidak tau. Apakah tuntutan pasar, atau masyarakat yang memang telah bosan dengan nuansa musik tersebut.

Sifat dari musik itu sendiri mengikuti perkembangan zaman, kehadiran ratu sikumbang seakan membawa kembali musik minang ke era seperti eranya elly kasim yang menonjolkan sisi musikalitas dan vokal. Apakah hanya kebetulan ? Sepertinya juga bisa dibenarkan, karena ratu sikumbang muncul ketika ranah musik minang sedang “kekeringan” dan baru terlepas dari musik “sesat”, haus akan musik yang seperti dulu, dan perubahan itu dibawa oleh ratu sikumbang yang hadir dengan aransemen musik yang terbilang modern. Jadilah banyak penyanyi minang lainnya kembali mengikuti tren ini.

Oke.. oke... pembahasan kita sudah jauh keluar konteks.

Tentu sebuah kebanggan bagi daerah yang memiliki putra-putri yang berprestasi, tak terkecuali seperti yang telah diraih oleh ratu sikumbang. Namun di balik nama besar tersebut, kesimpang siuran melanda masyarakat tentang daerah asalnya. Masing-masing daerah mengklaim bahwa ratu sikumbang adalah putri daerahnya.

Ini adalah sebuah pertanyaan dan bisa dikatakan “masalah” bagi masyarakat luas, khususnya para penggemar.

Sebenarnya ratu sikumbang itu orang mana ?

Dalam adat minang sendiri, garis keturunan bersifat matrilineal atau mengikuti ibu, begitu juga dengan daerah asal, otomatis daerah asal seseorang mengikuti daerah atau kampung ibunya. Sering juga kampung ayah dimasukkan dalam kategori kampung asal, tapi ini hanya dijadikan sebagai alternatif untuk memberikan rasa ke terikatan pada daerah tersebut . Tetap, yang pertama dalam adat minang, kampung atau daerah asal tersebut mengikut ibu.

Kembali ke daerah asalnya ratu sikumbang....

Saya sendiri sampai sekarang masih belum tau pasti, daerah asal ratu sikumbang. Tapi, hasil investigasi saya (lah, sok-sok detektif), ratu sikumbang sekarang berdomisili di Serang, Banten. Tinggal bersama keluarganya. Juga, seperti yang sudah saya muat di postingan Biografi ratu sikumbang kemarin, bahwa ratu sikumbang besar dan sekolah di daerah tersebut. Ratu juga sering memberi tahu lewat akun sosial medianya (Twitter, Facebook, Instagram) kalau dia berdomisili di Kota serang, Banten. Dan, kalau akan mengadakan show (undangan acara) biasanya bertolak dari sana.

Mengenai hal daerah asal ini, iseng-iseng pernah saya tanyakan langsung kepada pihak manajemen nya ratu via email. Karena kebetulan, di bio Twitternya ratu sikumbang tersedia alamat email management. Tapi sampai saat saya menulis postingan ini, email tersebut belum juga mendapat balasan ... mungkin  karena dianggap hal yang sepele dan gak penting oleh pihak management nya ratu.

Oke, tida apa-apa, kita abaikan ...

Banyak cerita yang beredar, ada yang menyebutkan ratu sikumbang berasal dari Bukittinggi, ada juga yang mengatakan dari Pariaman, bahkan Padang panjang.

Cerita lucu tentang daerah asalnya ini pun pernah beberapa kali saya alami.

  1. Waktu masih berdomisili di padang dan tinggal di kost-kostan. Suatu siang, kami anak-anak kost sedang ngumpul disalah satu kamar teman, sambil memutar lagunya ratu. Dalam obrolan seorang teman nyeletuk, kalau dia mendapat info ratu sikumbang berasal dari daerah Pariaman dan saat itu (tahun 2014)sedang kuliah di UNAND. 
  2. Masih saat saya tinggal di padang, waktu sedang nongkrong di kostan teman juga, dan sedang rame-ramenya, sambil nonton TV lokal, dan kebetulan lagi menyiarkan video klipnya ratu sikumbang. Satu dari teman-teman kos yang berasal dari berbagai daerah dalam maupun luar sumatra barat tersebut, menyela. Bahwa dia memiliki seorang teman dekat yang merupakan sepupu dari ratu sikumbang, dan mengatakan bahwa ratu sikumbang itu berasal dari kota padang panjang dan saat itu berdomisili di kota padang panjang.
  3. Dan yang terakhir adalah kemarin, ketika saya baru sampai di Jakarta. Tepatnya saat menginap beberapa hari di rumah etek (bibi) di daerah BSD tangerang. Etek yang juga sangat menyukai lagu-lagu minang ini, karena terbukti dengan banyaknya koleksi lagu minang beliau dari zaman dahuu sampai dengan lagu-lagu yang sedang hits sekarang. Waktu itu, malam, kami sedang ngumpul-ngumpul dan etek memutar CD albumnya ratu sikumbang, cerita-cerita... etek nyeletuk kalau ratu sikumbang itu orang kampung saya, kabupaten pesisir selatan. Tepatnya daerah Kambang. Lah, bertambah lagi daerah asal ratu sikumbang ini dalam hati saya...
Jadi mana yang sebenarnya ?

Ketika ketiga cerita diatas terjadi, saya hanya bisa sedikit tertawa dan bingung sendiri sob. Karena sebelumnya, yang saya tahu dari beberapa akun sosialnya ratu, dia bukanlah mahasiswi Unand, tapi sedang kuliah di Universitas Tirtayasa, Jurusan Fisip, ataupun saat itu berdomisili di Padang panjang. Tapi saya tidak berani meyakinkan kepada teman-teman, karena saya sendiri juga masih ragu dengan data yang saya dapatkan.

Kesimpulan


Dari 2 postingan sebelumnya, juga sedikit penjelasan diatas, bisa kita ketahui bahwa ratu sikumbang memanglah orang minang. Darah minang ini berasal dari ibu atau ayah, atau kedua-duanya kita tidak tau pasti. Tapi, dari foto-foto keluarga yang sering diposting dimedia sosial oleh ratu, terlihat kalau raut wajah ibu dan ayahnya sangat kental sekali minangnya.

Juga, saya rasa. Kalau tidak memiliki darah minang, mungkin ratu sendiri kurang tertarik untuk memutuskan menjadi seorang penyanyi minang. Meski, ada juga orang yang bisa menyanyikan lagu daerah walau dia bukan berasal dari daerah tersebut dan sebelumnya tidak menguasai bahasa daerah itu. Terlebih ratu sudah membuat nama panggung dengan nama ratu sikumbang. Hal ini juga bisa kita tarik bahwa ratu adalah seorang keturunan suku sikumbang, karena di minang pemberian nama suku di belakang nama asli ini tidak boleh sembarangan pakai saja.

Saya mengambil kesimpulan,  kedua orang tua ratu mungkin dulunya merantau kedaerah Serang dan hingga kini menetap disana. Tapi untuk daerah asal, tentu saja kembali kepada ratu sikumbang sendiri. Yaitu kampung ibunya, bisa saja orang-orang yang mengatakan kampung ratu Bukittingi karena ibunya adalah orang Bukittinggi, dan bisa saja orang mengatakan Padang panjang karena mungkin daerah asalnya ayah ratu Padang panjang. Atau juga daerah-daerah lainnya, karena ada hubungan daerah tersebut dengan silsilah keluarga ratu.

Oke, sebaagai penutup dari postingan ini saya berharap, sebaiknya pihak dari ratu sikumbang mengklarifikasai tentang hal ini mengingat bukankah dia sudah menjadi seorang publik figur. Moga-moga ada pihak dari ratu sikumbang yang membaca tulisan saya ini, dan menanggapi nya.

Oh ya sob, Kurang pas rasanya kalau sebuah postingan tidak dilengkapi foto. Ini ada sebuah foto yang saya dapatkan dari akun Instagramnya ratu.

kampung-ratu-sikumbang

Sekian dulu postingan tentang daerah asal ratu sikumbang ini, kalau ada uneg-uneg yang berhubungan dengan postingan, silahkan sampaikan di kotak komentar yang telah tersedia dibawah. See U.

Share :

Facebook Twitter Google+
23 Komentar untuk "Ratu sikumbang itu sebenarnya orang mana sih ?"

Ratu Sikumbang itu cerita rakyat minang ya? Sama seperti Si Kabayan di sunda atau jawa barat gak? hehe :)

saya juga sering denger tentang Ratu Si Kumbang, cuma gak tahu asal-usul tentang Nama tsb, kenapa bisa dinamakan Ratu Si Kumbang.. ternyata cantik juga Mas, masih single gak yah hehehee

Jadi ini berkaitan juga dengan sejarah ya mas, jadi banyak ni saya dapet ilmunya, terima kasih ya atas infonya

Kalau kebetulan mendengar lagu-lagu minang klasik terasa menyenangkan dan tenang, kadang spontan ngikuti irama lagunya meskipun bahasanya tidak paham. Terkait Ratu Sikumbang baru tahu nih, cantik bgt hehe..

jadi asal ratu si kumbang berasal dari tanah Minang ya mas. saya sendiri baru denger cerita akan ratu si kumbang ini hehee, ,

Kalau dilihat dari bentuk wajahnya sih, memang kayak orang minang ya

Jadi orang minang toh sob? tp saya blm pernah tau ataupun dgr soal ratu kumbang, ada ratu pasti ada rajanya donk? :)

Sukses buat Ratu Sikumbang , buatlah perantau minang selalu
teringat dengan kampung halaman di Ranah Minang melalui lagu lagu kamu

pantesan orangnya cantik dan suaranya juga bagus bikin naksir mati-matian...kayaknya bukan admin blog aja/, saya aja bisa greget melihatnya...heee

saya baru denger malah si ratu kumbang

Abis baca ini langsung coba searching informasi mengenai Ratu Sikumbang haaaa.

Mas putra ini sangat ngefans berat Ratu sikumbang yah, sampai detail gitu membahas biografi asal ratu sikumbang...

yang jelas kalo rumahnya ga dekat dengan saya. soalnya saya belum pernah ketemu mas

saya malah br tau tentang ratu si kumbang dari artikel ini... blum pernah denger lagunya...

penyanyi rupanya . mesti ramai amat para kumbang sukakanya ya ...

Beberapa waktu lalu artikel blog akuh dikomen oleh ratu sikumbang lhooo *kalogasalah yah hahahaha.

Ratu Sikumbang urang kampuang ambo, hehe...

ratu sikumbang yg cantik orangnya ni..serserbilah cantiknya tu...

Salam dari Sulawesi Barat, saya salah satu penggemar pelantun lagu Minang ini. Setelah baca beberapa artikel Ratu Sikumbang saya sempat bingung juga "kok asalnya dari Serang Banten sih, berarti Jawa dong." Padahal sejak pertama menemukan artis ini di youtube, karena lagu Minang pikirku orang asli Sumatra. Namun, darimanapun asalnya Indonesia memiliki talenta bersuara emas. Sukses Ratu....

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top