Fakta unik, 10 perkumpulan rahasia terkenal dunia

Dalam sejarah dunia, ada banyak perkumpulan rahasia serta berbagai teori konspirasi yang mengiringi anggota-anggotanya. Di daftar fakta unik kali ini, ada 10 perkumpulan rahasia paling terkenal, yang mungkin sudah sering kita dengar namanya, tapi tidak kita ketahui secara jelas untuk apa dibuat, serta apa tujuan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan perkumpulan rahasia itu.

Daftar 10 perkumpulan rahasia terkenal dunia


1. Skull and Bones

 

Anggota-Skull-and-Bones-tahun-1947
Anggota Skull and Bones tahun 1947 - George H.W Bush berdiri di paling kanan

Skull and Bones, awalnya dikenal sebagai persaudaraan kematian. Merupakan salah satu perkumpulan rahasia mahasiswa tertua di Amerika Serikat. Didirikan pada 1832 dan keanggotaannya hanya terbuka untuk beberapa mahasiswa elit universitas Yale saja.  Anggotanya mengadakan pertemuan setiap hari Kamis dan Minggu di sebuah bangunan yang mereka sebut " Tomb ", mereka juga menggunakan beberapa ritual masonik di pertemuan tersebut, sampai dengan hari ini. Uniknya, apakah kebetulan atau memang sudah takdir, sebagian besar dari anggota  Skull and Bones dikemudian hari menjadi orang sukses dan terkenal diberbagai bidangnya masing-masing.

Menurut Judy Schiff , kepala arsip perpustakaan universitas Yale, nama-nama anggota Skull and Bones tidak dirahasiakan sampai dengan tahun 1970-an. Kedua presiden “Bush” (George Herbert Walker Bush dan George Walker Bush) juga merupakan anggota dari perkumpulan ini selama belajar di universitas Yale. Untuk kita ketahui, George Herbert Walker Bush adalah ayah dari mantan presiden amerika George Walker Bush.

Perkumpulan ini dikelilingi oleh teori-teori konspirasi ; yang paling populer dan mungkin yang paling terkenal adalah gagasan bahwa CIA dibangun oleh para anggotanya. CIA merilis sebuah pernyataan pada tahun 2007 ( bertepatan dengan meningkatnya popularitas film The Good Shepherd ) di mana CIA membantah bahwa perkumpulan itu cikal bakal CIA .

2. Freemason

 

Pertemuan-Tahunan-Freemason
Pertemuan Tahunan Freemason [1992]

Loji Besar pertama yaitu Loji Besar Inggris atau Grand Masonic Lodge (GLE, ) didirikan pada 24 Juni 1717, ketika empat kelompok kecil bergabung. Awalnya hanya memiliki dua derajat tingkat keanggotaan, tetapi pada tahun 1750 diperluas dengan derajat ketiga, disebut dengan Master Mason. Penambahan derajat ini sempat menyebabkan perpecahan dalam kelompok.

Mason melakukan pertemuan rutin mereka dalam sebuah ritual. Untuk lambang mereka menggunakan simbol arsitektur seperti kompas dan persegi. Mereka menyebut Tuhan sebagai "The Great Architect of the Universe". Tiga derajat Masonry adalah: 1: Entered Apprentice, ini merupakan anggota dasar kelompok. 2: Fellow Craft, merupakan tingkat menengah di mana anggota ditugaskan untuk mengembangkan pengetahuan lebih lanjut dari Masonry. 3: Master Mason, gelar ini digunakan untuk partisipasi saja dalam sebagian besar kegiatan masonik. Beberapa ritual mason (seperti ritual Skotlandia) memiliki daftar keanggotaan hingga 33 derajat.

Untuk masuk ke pertemuan, para anggota Mason menggunakan beberapa sandi dan jabat tangan yang khas, hal ini berguna untuk mengidentifikasi anggota dengan orang yang mungkin bukan anggota Mason. Sandi dan jabat tangan sering berbeda dari satu yuridiksi dengan yuridiksi  lain, serta sering berubah-ubah. Ini semua untuk melindungi kelompok dari orang-orang yang mencari tahu bagaimana cara masuk kedalam pertemuan. Anggota Mason mengenakan gaya pakaian seperti yang dikenakan oleh tukang batu dari abad pertengahan. Gaya pakaian yang paling terkenal adalah gaya apron.

Untuk menjadi seorang Mason, umumnya terlebih dahulu harus direkomendasikan oleh orang yang sudah menjadi  anggota. Dalam beberapa kasus, seseorang harus direkomendasikan tiga kali sebelum dapat bergabung. Calon anggota harus berusia minimal 18 tahun dan sehat jasmani. Banyak agama melarang atas keanggotaan Mason, tak terkecuali Gereja Katolik Roma.

3. Rosikrusian

 

Simbol-Rahasia-Rosikrusian
Simbol Rahasia Rosikrusian

Rosikrusian diyakini terbentuk berkat ide kelompok Protestan Jerman di tahun 1600-an dengan tiga rangkaian dokumen yang diterbitkan : Fama Fraternitatis Rosae Crucis, Confessio Fraternitatis, dan The Chymical Wedding of Christian Rosenkreutz anno 1459. Dokumen tersebut banyak dibaca sehingga memiliki pengaruh yang kuat, menurut sejarawan Frances Yeats Rosikrusian dianggap Pencerahan pada abad ke-17. Dokumen pertama bercerita tentang seorang alkemis misterius (Christian Rosenkreuz) yang melakukan perjalanan ke perkumpulan-perkumpulan ilmu pengetahuan rahasia diberbagai belahan dunia. Dokumen kedua bercerita tentang perkumpulan alkemis rahasia yang bersiap-siap untuk mengubah wajah politik dan intelektual Eropa. Dokumen ketiga menceritakan undangan Christian Rosenkreuz untuk menghadiri pernikahan Raja dan Ratu ‘Kimia’ di istana Miracles.

Anggota Rosikrusian saat ini mengklaim bahwa asal-usulnya jauh lebih kuno dari dokumen-dokumen tersebut. Penulis dokumen sepertinya sangat mendukung Lutheranisme  termasuk kecaman-kecaman dari Gereja Katolik. Rosikrusianisme mungkin juga memiliki pengaruh dalam Masonry, dan pada kenyataannya tingkat ke-18 dalam Scottish Rite Masonry disebut juga dengan Knight of Rose Croix (palang merah).

Saat ini, ada sejumlah besar kelompok Rosikrusian yang masing-masing mengaku terikat erat dengan bentuk asli Rosikrusian itu sendiri. Terdiri dari dua divisi utama yaitu, campuran dari kristen dengan prinsip Rosikrusian, dan yang lainnya adalah semi-Masonik. Jenis Masonik yang biasanya memiliki derajat keanggotaan.

4. Ordo Templis Orientis

 

Aleister-Crowley-dengan-OTO-Instrumennya
Aleister Crowley dengan OTO Instrumennya

OTO (Order of the Temples of the East) adalah sebuah organisasi yang pada awalnya meniru Masonry, tetapi kemudian mereka mengambil prinsip-prinsip sistem keagamaan yang disebut Thelema  di bawah kepemimpinan sang "Great Beast" Aleister Crowley. Thelema sendiri berdasarkan pada frase yang berbunyi : “Lakukan apa yang engkau harus lakukan sesuai hukum, cinta adalah hukum, cinta temukan jalan” [1904]. Keanggotaan didasarkan pada derajat inisiasi dan gaya ritual yang digunakan. OTO saat ini mengklaim memiliki anggota lebih dari 3.000 di seluruh dunia.

Crowley membuat sebuah "Misa" untuk OTO yang disebut misa Gnostik, Dalam "Misa" Crowley menulis:

"Saya memutuskan bahwa saya harus memperkenalkan dan merayakan ritual keagungan secara universal tanpa memperdebatkan teori metafisis. Saya tidak akan membuat atau menyiratkan pernyataan tentang alam yang tidak didukung oleh orang-orang berilmu materialistis. Di permukaan, ini mungkin terdengar sulit ; tetapi dalam prakteknya saya menemukan kesempurnaan dan kesederhanaan untuk menggabungkan fenomena konsepsi yang paling rasional dengan perayaan paling mulia dari keagungan mereka. "

Ritual ini menggunakan pendeta perawan, anak-anak, dan imam. Banyak tuhan-tuhan Mesir Kuno serta iblis yang dipanggil, pada satu titik pendeta melakukan ritualnya dengan telanjang.

 

5. Hermetic Order of The Golden Dawn

 

 Simbol-Golden-Dawn

Simbol Golden Dawn

Perkumpulan Golden Dawn didirikan oleh Dr William Robert Woodman, William Wynn Westcott, dan Samuel Liddell MacGregor Mathers. Ketiganya anggota Freemason dan Societas Rosicruciana di Anglia (sebuah organisasi yang memiliki hubungan dengan Masonry). Mereka ini dianggap oleh banyak orang sebagai pelopor dari Ordo Templi Orientis dan kelompok mayoritas Okultisme modern.

Sebagian besar sistem kepercayaan Golden Dawn diambil dari mistisisme Kristen, Qabalah, Hermetisisme, agama Mesir Kuno, Freemasonry, Alchemy, Teosofi, Magic, dan tulisan-tulisan Renaissance. William Yeats, dan Aleister Crowly adalah dua anggota yang paling terkenal dari perkumpulan ini.

Dokumen dasar perkumpulan ini dikenal dengan nama dokumen Cipher,  yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menggunakan cipher oleh Johannes Trithemius. Isi dari dokumen tersebut adalah serangkaian 60 folio berisi ritual sihir. Kebanyakan struktur dasar ritual  berasal dari Rosikrusianisme. Ada banyak kontroversi seputar asal-usul dokumen-dokumen ini.

 

6. The Knights Templar (ksatria templar)

 

Pedang-templar-dari-abad-pertengahan
Pedang templar dari abad pertengahan

Ksatria Templar adalah sebuah perkumpulan militer agama yang dibentuk pada abad ke-12. Anggota Masonik Templar mengklaim tidak memiliki koneksi langsung ke perkumpulan abad pertengahan ini, tetapi mereka hanya meminjam ide dan simbol. Untuk menjadi anggota dari perkumpulan ini,  seseorang sudah harus menjadi  master mason kristen. Pada intinya Kstria Templar dibentuk untuk melindungi artefak sejarah yang berkaitan langsung dengan umat Kristiani. Mason membantah mereka terlibat dalam pembentukan Ksatria Templar. Namun demikian, terlepas dari penolakan resmi, beberapa Mason, non-Mason, dan bahkan anti-Mason bersikeras bahwa ritual Masonik tertentu awalnya memiliki pengaruh langsung dari ksatriaTemplar.

 

7. Illuminati

 

Piramida-simbol-Illuminati
Piramida, simbol Illuminati

Sebuah gerakan pemikir bebas yang menjadi cabang yang paling radikal di abad Pencerahan - pengikutnya diberi nama Illuminati (tapi diri mereka menyebut "Perfectibilists") - didirikan pada 1 Mei 1776 di Ingolstadt (Bavaria Atas), oleh Jesuit-taugh Adam Weishaupt. Perkumpulan ini  dikenal dengan nama Illuminati Bavaria. Sementara itu secara hukum perkumpulan ini tidak diizinkan untuk beroperasi, banyak intelektual berpengaruh dan politisi progresif terhitung sebagai anggotanya. Meskipun ada beberapa anggota Freemason diketahui masuk dalam keanggotaan, bukan berarti perkumpulan ini didukung oleh Masonry. Faktanya bahwa Illuminati tidak membutuhkan kepercayaan tertinggi, membuat mereka sangat populer di kalangan para ateis. Dan fakta bahwa sebagian besar dari anggota beraliran humanis, menjadi alasan masyarakat luas bahwa Illuminati mempunyai keinginan untuk menggulingkan agama dengan cara yang terorganisir.

Kekacauan dalam perkumpulan ketika akan menentukan pemimpin baru, serta upaya pemerintah yang terus melarang beroperasi, berakibat illuminati runtuh sepenuhnya di akhir 1700-an. Meskipun demikian, beberapa teori konspirasi seperti David Icke dan Was Penre, berpendapat bahwa Illuminati Bavaria mungkin saja masih ada sampai hari ini, dan kelompok Weishaupt masih bertahan hingga abad ke-19, namun bukti terpercaya untuk dapat mendukung gagasan tersebut sangat sedikit ditemukan. Ia juga berpendapat bahwa perkumpulan Skull and Bones merupakan cabang Illuminati dari Amerika.

Banyak orang percaya bahwa Illuminati masih beroperasi dan memiliki peran utama dari pemerintah dunia saat ini. Hal ini diyakini bahwa mereka ingin membuat Pemerintahan satu dunia berdasarkan prinsip humanis dan ateis.

 

8. Grup Bilderberg

 

Pertemuan-Bilderberg
Pertemuan Bilderberg

Perkumpulan ini sedikit berbeda dari yang lainnya, karena tidak memiliki keanggotaan resmi. Ini adalah nama yang diberikan kepada sekelompok orang yang sangat berpengaruh yang menghadiri pertemuan tahunan secara rahasia (dan biasanya dengan keamanan militer dan disponsori oleh pemerintah setempat). Topik yang dibahas dirahasiakan. Pertemuan atau konferensi - biasanya diadakan di hotel bintang lima di seluruh dunia. Pertemuan tersebut sangat ketat, hanya boleh dimasuki oleh para undangan saja. Pertemuan pertama berlangsung pada tahun 1954 di Hotel Bilderberg di Belanda.

Pertemuan pertama diprakarsai oleh beberapa tokoh, termasuk  seorang imigran dan penasihat politik Irlandia, Joseph Retinger, yang khawatir akan pertumbuhan anti-Amerikanisme di Eropa Barat, mereka mengusulkan sebuah konferensi internasional di mana para pemimpin dari negara-negara Eropa dan Amerika Serikat akan dilibatkan dengan tujuan mempromosikan pemahaman antara budaya  Amerika Serikat dan Eropa Barat.

Meskipun agenda dan daftar peserta yang mengikuti pertemuan terbuka untuk umum, namun tidak dijelaskan dengan rinci isi dari pertemuan tersebut. Para peserta sepertinya berjanji untuk tidak membocorkan apa yang dibicarakan.

Tak perlu dipertanyakan, perkumpulan ini terus dikelilingi oleh kontroversi dan teori konspirasi.

 

9. The Priory of Sion (biarawan sion)

 

Logo-biarawan-sion
Logo biarawan sion

Banyak sisi lain kehidupan Biarawan Sion yang telah dibuat-buat dalam novel Da Vinci Code karya Dan Brown. Bagi mereka yang berharap untuk menemukan dan bergabung dengan Biarawan sion sangat disayangkan sekali, karena Biarawan sion hanyalah sebuah fiksi. Perkumpulan ini merupakan tipuan yang dibuat pada 1956 oleh Pierre Plantard demi kaitannya dengan tahta kerajaan. Sebuah surat yang berasal dari tahun 1960-an yang ditulis oleh Plantard, de Chérisey dan de Sede yang mengkonfirmasi ketiga nya terlibat satu sama lain dalam trik kepercayaan out-and-out, dalam surat itu mereka menerangkan tentang skema bagaimana cara untuk memerangi kritik dan tuduhan yang datang dari berbagai pihak, dengan cara membuat tuduhan baru, agar semua pihak berbalik arah dan pergi dari sengketa yang ada. Meskipun demikian, banyak orang masih tetap percaya bahwa Biarawan sion ada dan berfungsi sampai hari ini.

Sejak 1982, tahun dimana buku pertama tentang keturunan Yesus "The Holy Blood and The Holy Grail" diterbitkan, yang ditulis oleh Michael Baigent, Richard Leigh, dan Henry Lincoln. Buku tersebut telah banyak menyesatkan masyarakat dunia, dengan menyatakan bahwa :
  1. Biarawan Sion memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tahun 1099, dan memiliki Grand Master terkenal termasuk Isaac Newton dan Leonardo da Vinci.
  2. Guna melindungi tahta kerajaan, karena mereka percaya Yesus memiliki keturunan harfiah dari istrinya yang diduga Maria Magdalena, atau jika ditarik lebih jauh lagi dari raja Daud.
  3. Biarawan ini bertujuan untuk berdirinya sebuah "Holy Europe Empire" yang akan mengantarkan ke tatanan dunia baru berikutnya yang damai dan makmur.

10. Opus Dei

 

Pentahbisan-Imam-Opus-Dei
Pentahbisan Imam Opus Dei

Opus Dei adalah organisasi Gereja Katolik yang menekankan keyakinan bahwa setiap orang dipanggil untuk kekudusan dan kehidupan adalah jalan menuju kesucian. Opus dei mendorong para anggotanya untuk hidup selibat. Perintah itu diputuskan di Spanyol pada tahun 1928 oleh seorang imam Katolik Roma Josemaria Escriva dengan persetujuan Paus Pius XII.

Ketika novel Dan Brown, Da Vinci Code diterbitkan, diceritakan bahwa Opus Dei adalah organisasi rahasia di dalam Gereja yang bertujuan untuk mengalahkan Biarawan Sion dan orang-orang yang berusaha untuk mengungkap "kebenaran" tentang agama Kristen dan dugaan keturunan Kristus. Di luar buku, telah ada banyak kontroversi atas Opus Dei karena ketatnya struktur keagamaan kristen.

Gereja Katolik melarang segala bentuk perkumpulan rahasia serta menjadi anggotanya, peneliti Opus Dei telah sering membantah bahwa organisasi ini bertindak secara rahasia untuk memajukan agenda jahat.

Share :

Facebook Twitter Google+
3 Komentar untuk "Fakta unik, 10 perkumpulan rahasia terkenal dunia"

Kalo udah banyak yang tau brarti bukan rahasia lagi donk

Pertama kali saya tahu istilah Biarawan Sion dan Opus Dei dari novel The Da Vinci Code karya Dan Brown.

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top