Fakta unik, 10 misteri yang tak terpecahkan – part 3

Di daftar fakta unik sebelumnya, saya menyajikan beberapa misteri dunia yang belum terpecahkan sampai sekarang. Dan sesuai janji saya untuk terus meng-update seri postingan fakta unik,  postingan terbaru kali ini berjudul 10 misteri yang tak  terpecahkan – part 3. Memuat misteri-misteri yang tak kalah pelik dari 2 postingan yang sebelumnya. Semua misteri disini terus menuntut penjelasan yang meyakinkan. Jika sobat punya jawaban atau penjelasan tambahan mengenai misteri-misteri tersebut, pastikan untuk memberitahu saya di kotak komentar !

Jika sobat ingin melihat dua daftar fakta unik sebelumnya, silahkan baca :

Fakta unik,10 misteri yang tak  terpecahkan – part 1
Fakta unik,10 misteri yang tak  terpecahkan – part 2

10. The Vile Vortice


peta-Vile-Vortice
12 titik Vile Vortices menurut teori Ivan Terrence Sanderson

Vile Vortices adalah 12 daerah yang dinyatakan berbahaya dalam peta penerbangan dan pelayaran. Biasanya daerah ini tidak akan dilewati oleh kapal laut maupun pesawat dalam jalur penerbangannya. Teori Vile Vortices dibuat oleh Ivan Terrence Sanderson, pertama kali Sanderson meneliti keanehan dan peristiwa-peristiwa ganjil yang terjadi di kawasan Segitiga Bermuda, penelitiannya lebih lanjut menemukan bahwa ada 11 lokasi lainnya di dunia ini yang keadaannya hampir sama dengan segitiga bermuda.  Dua diantaranya di kutub utara dan kutub selatan, sedang sepuluh lainnya terbagi dalam dua jajar, jajaran pertama terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah utara, dan jajaran kedua terletak pada garis bujur 40 derajat sebelah selatan khatulistiwa.

Masing-masing tempat terpisah sekitar 72 derajat pada garis lintang. Sanderson mengamati bahwa sebagian besar daerah tersebut memiliki kemiripan satu sama lain, antara lain, dalam letaknya yang berada dikawasan yang mana bertemu arus panas dan dingin, dan bahwasanya tempat-tempat tersebut dipandang sebagai titik-simpul, karena ia mengarahkan arus air atas dan bawah pada arah yang berlawanan, dan dengan suhu yang berbeda tersebut, dapat menimbulkan gelombang magnetik yang menjadi biang keladi bagi semua kecelakaan itu.

2.Insiden Hilangnya 'Frederick Valentich'


Frederick-Valentich

Seorang Pilot, Frederick Valentich, diduga diculik oleh UFO di Selat Bass antara Australia dan Tasmania, 21 Oktober 1978. Valentich ( 20 tahun ) sedang terbang dengan pesawat Cessna 182 bermesin satu dari Melbourne ke King Island, untuk menjemput tiga orang temannya. Baru terbang beberapa menit, penerbang yang juga seorang pelatih calon pilot itu melaporkan ke menara Melbourne, bahwa sebuah pesawat terbang dengan empat lampu yang gemerlapan telah menangkapnya. Padahal, tak ada pesawat terbang lain di dekatnya, menurut keterangan petugas menara. "Bentuknya panjang, dan dia semakin mendekat," begitu jawaban Valentich yang direkam oleh petugas menara.

Insiden Frederick Valentich adalah insiden penampakan UFO paling heboh di Australia. Tidak ada jejak pesawat yang dikemudikan Frederick Valentich yang ditemukan, sampai departemen penyelidikan dan transportasi menutup kasus ini dengan menyimpulkan bahwa kasus ini tak pernah terpecahkan.

3. Pulau Oak dan lubang uangnya


 lubang-uang-pulau-Oak

Pulau Oak adalah pulau seluas 140 are (57 ha) di Lunenberg County, di sebelah selatan pantai Nova Scotia, Kanada. Pulau Oak adalah satu dari 360 pulau yang ada di Teluk Mahone dan memiliki elevasi 11 m (36 ft) di atas permukaan laut.

Pulau Oak terkenal sebagai lokasi lubang uang, yaitu sebuah lubang yang diyakini berisi harta karun. Pulau Oak adalah pulau pribadi, dan izin masuk dibutuhkan jika ingin mengunjunginya. Beberapa percobaan untuk mengambil harta karun dari Pulau Oak penah melongsorkan pulau ini dan membanjirinya dengan air laut. Kritikus percaya bahwa sebenarnya tidak ada harta karun di dalamnya, hanya sebuah lubang yang dalam.

Kisah harta karun rahasia di Pulau Oak ini sudah adak sejak dua abad lalu. Rumor tersebut muncul dari sekelompok remaja laki-laki yang tengah berjalan-jalan pada tahun 1795. Salah satunya adalah Daniel MC Ginnis. Kabarnya, mereka melihat cahaya aneh di Pulau Oak. Karena penasaran, mereka pun menghampiri arah datangnya cahaya. Sesampainya di sana, mereka menemukan sebuah lubang yang baru digali.

Lubang yang ditutupi dinding tanah liat itu kemudian dibuka dan kembali digali oleh Daniel. Setelah kedalaman 3 meter, mereka menemukan beberapa batang pohon ek yang dipasang bersilangan. Semakin jauh menggali Daniel menemukan batu-batu terulir dengan kode aneh. Arti kode tersebut forty feet below two million pounds are buried (40 kaki di bawah sini ada 2 juta poundsterling terkubur). Sayangnya, mereka hanya berhasil menggali sedalam 6 meter.

Setelah Daniel dan kawan-kawan, beberapa orang tertarik untuk melakukan penggalian di Pulau Oak. Namun, beberapa di antaranya justru mengalami malapetaka. Kematian pertama dialami pada 1861. Sebuah pompa meledak dan menewaskan seorang penggali. Seorang pria bernama Maynard Kaizer juga dilaporkan tewas karena tali pengangkatnya putus dan jatuh ke lubang harta karun pada 1897. Robert Restall dan tiga rekannya menghirup asap beracum setelah jatuh ke dalam lubang pada 1965.

Walaupun banyak menelan korban, sampai saat ini harta karun di Pulau Oak belum ditemukan. Beberapa orang percaya, tidak ada harta karun di lubang tersebut. Ini hanya sebuah trik menyembunyikan benda-benda berharga tersebut dari para pencuri. Mereka meyakini harta rahasia tersebut disembunyikan di tempat lain sekitar Pulau Oak.

Beberapa karya fiksi telah diluncurkan berdasarkan Lubang Uang ini, seperti "The Money Pit Mystery", Riptide, dan The Hand of Robin Squires.

Pada tahun 2007, pulau ini berhasil masuk ke Maritime Museum of the Atlantic yang menunjukkan banyak artifak dari bermacam-macam era pencarian harta karun.

4. Bahtera nabi Nuh ditemukan ?


sketsa-bahtera-nabi-Nuh

Gunung Ararat terletak di wilayah timur Turki menyimpan sebuah misteri, bahkan negara Amerika Serikat mengirimkan tim penyelidik khusus untuk melakukan penelitian di daerah Pengunungan Ararat ini. Gunung Ararat  disebut juga sebagai Gunung Aghi-Dahl yang berarti gunung kesengsaraan. Ratusan orang sudah mencoba untuk mendaki Gunung Ararat ini, namun hanya beberapa orang saja yang bisa menaklukannya, selebihnya para pendaki tewas dalam perjalanan menuju puncak gunung tersebut. Para pendaki yang berhasil mencapai puncak gunung Ararat ini telah melaporkan penemuan yang luar biasa, yaitu penemuan bahtera atau kapal Nabi Nuh As.

5. Pembakaran manusia spontan


Pembakaran-manusia-spontan

Pembakaran manusia spontan atau dalam istilahnya disebut "Spontaneous Human Combustion (SHC)" adalah sebuah fenomena aneh dimana tubuh manusia secara misterius terbakar tanpa sumber penyulut apapun. Yang aneh tentang pembakaran manusia spontan ini adalah bahwa tidak ada penyebab pastinya. Dalam kebanyakan kasus pembakaran manusia spontan, tubuh manusia akan ditemukan hangus terbakar dengan hanya menyisakan satu atau dua bagian dari anggota tubuh saja.

Kasus pembakaran spontan ini telah dilaporkan selama sekitar 300 tahun. Beberapa kasus yang terkenal diantaranya adalah kasus dari Mary Reeser pada tahun 1951 dan Jeannie Saffin  pada tahun 1982.

6. Darimana hujan darah berasal ?


hujan-darah
 
Hujan darah pernah turun di Kerala, India selatan pada tanggal 25 Juli sampai 23 september 2001.Hujan darah ini sebenarnya sudah sering terjadi, yaitu dimulai sekitar tahun 1896. Selama terjadi di india, hujan darah ini tidak selamanya berwarna merah layaknya hujan darah, tetapi kadang juga berwarna kuning, hijau,bahkan hitam. Menurut penuturan penduduk lokal, hujan darah tersebut biasanya juga disertai dengan petir yang sangat keras disertai kilatan cahaya yang sangat terang. Hujan darah ini hanya terjadi dalam radius beberapa kilometer persegi diantara hujan biasa yang seluas ratusan kilometer persegi.

Awalnya, mereka mengira partikel berwarna merah tersebut adalah partikel pasir yang terbawa dari gurun di daerah Arab. Setelah diteliti oleh Milton Wainwright, seorang ahli biologi dari Universitas Sheffield, Inggris. Dan dilanjutkan oleh J. Thomas Brenna dari Divisi Ilmu Nutrisi, Cornell University, New York. Menyimpulkan bahwa hujan darah tersebut dibentuk oleh partikel-partikel hidup yang bernama spora alga bergenus trentepohlia.

Meski sudah terjawab secara ilmiah, tapi beberapa orang masih percaya bahwa hujan darah tersebut berasal dari spekulasi-spekulasi. Diantaranya adalah aktivitas UFO, meteor, mistis, dan hipotesa-hipotesa lain sebagainya.

7. Misteri Kaspar Hauser


 Siapa-Kaspar-Hauser

Pada 26 Mei 1828, seorang remaja terlihat di jalan di Nuremberg, Jerman. Ia membawa sebuah surat yang ditujukan bagi Kapten Resimen Kavalry ke-6 Jerman. Penulis surat misterius yang dibawa oleh Hauser menyatakan bahwa anak tersebut diberikan kepadanya untuk ditahan sejak ia masih bayi, pada 7 Oktober 1812, dan sejak saat itu anak tersebut dikurung di rumah pria tersebut. Hauser mengklaim bahwa sejak ia dapat mengingat sesuatu, ia telah dikurung sendirian di dalam ruangan gelap berukuran 2×1×1.5 meter dengan ranjang dari jerami sebagai tempat tidur dan kuda-kudaan kayu yang diukir dengan tangan sebagai mainannya. Hauser juga mengklaim bahwa orang pertama yang berinteraksi dengannya adalah pria misterius yang mengunjunginya beberapa saat sebelum ia dibebaskan, yang selalu berhati-hati agar wajahnya tidak terlihat oleh Hauser.

Menurut rumor, Hauser adalah Pangeran dari Baden yang dilahirkan pada 29 September 1812 dan meninggal sebulan kemudian. Dirumorkan bahwa Pangeran tersebut ditukar dengan bayi sekarat, sedangkan pangeran yang Asli adalah Hauser yang muncul 16 tahun kemudian di Nuremberg. Pada tahun 2002, University of Munster melakukan analisa DNA yang membandingkan DNA Hauser dan Stephanie de Beauharnais yang dirumorkan sebagai Ibu dari Hauser (Ratu dari Baden). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekuens DNA tidak identik tapi deviasi yang ditunjukkan tidak terlalu jauh sehingga tidak dapat disimpulkan bahwa keduanya sama sekali tidak mempunyai hubungan darah.

8. Siapa Man in Iron Mask ?


Siapa-man-Iron-Mask

Kita tidak sedang membicarakan  film Man In The Iron Mask yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio. Untuk kita ketahui semua, film tersebut terinspirasi dari seorang tokoh misterius di Perancis. Man In The Iron Mask (Meninggal November 1973) adalah tahanan yang dikurung di sejumlah penjara di Perancis (termasuk penjara legendaris, Bastille) pada masa pemerintahan Raja Louis XIV. Identitas pria ini tidak pernah diketahui karena tidak ada yang pernah melihat wajahnya yang disembunyikan dalam sebuah topeng kulit berwarna coklat. Sekarang kita tahu, bahwa sejak jaman dahulu, orang suka membesar-besarkan cerita karena pada kisah-kisah yang beredar, diceritakan bahwa topeng tersebut terbuat dari baja yang menjadi awal nama julukan yang diberikan kepadanya.

Menurut surat yang diberikan kepada kepala Penjara di Pignerol (Bénigne Dauvergne de Saint-Mars) tempat pertama pria tersebut dipenjarakan, nama pria tersebut adalah Eustache Dauger. Dalam surat itu juga diinstruksikan agar disiapkan sebuah sel yang dilapisi dengan beberapa pintu (untuk mencegah orang dari luar mendengar suara dari dalam sel). Selain itu, juga dikatakan bahwa bila pria tersebut berbicara kepada orang lain selain untuk hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan pribadinya (contoh: “sipir.. saya mau be’ol..!!” =P ), dia akan dibunuh seketika. Hingga saat ini tidak ada yang tahu siapa identitas sebenarnya dari pria ini tapi ada beberapa rumor yang mengatakan bahwa Ia adalah saudara dari Louis XIV, Putra dari Raja Charles II, Diplomat dari Italia, dan lain-lain.

9. Batu berjalan di Death Valey


Batu-berjalan-Death-Valey

Taman Nasional Death Valley berada di California, merupakan sebuah danau yang telah mengering. Sebuah fenomena aneh sering terjadi ditempat ini, batu-batunya bisa berpindah tempat sendiri secara misterius. Tak tanggung-tanggung, hampir semua batu yang ada di danau ini bisa berpindah tempat tanpa bantuan orang. Jika dijumlah, ada sekitar 162 batu di permukaan danau yang melakukan pergeseran tempat sendiri. Padahal berat batu-batu tersebut ada yang mencapai 45 Kg, bahkan lebih.
Berbagai kajian pun terus dilakukan demi mengungkap misteri batu yang bisa berpindah dengan sendirinya. Dan belum lama ini, angin segar datang tentang penjelasan batu bergerak tersebut, di tengah kontroversi yang semakin tidak jelas. Seorang ahli geologi NASA, Profesor Ralph Lorenz berhasil menjelaskan dengan beberapa percobaan mengenai keanehan batu – batu ini. Namun begitu, walau penjelasan ilmiah telah dipaparkan,  masih banyak juga orang yang masih mempercayai magis dalam batu – batu tersebut.

 10. Misteri sinyal WOW!


Misteri-sinyal-WOW

Sinyal Wow! adalah isyarat radio yang dideteksi oleh Dr. Jerry R. Ehman pada tanggal 15 Agustus 1977, ketika bekerja dalam proyek SETI di teleskop radio Big Ear, Universitas Ohio. Pada alat terlihat sinyal ini  berasal dari luar tata surya, berlangsung hanya selama 72 detik, dan selanjutnya tidak pernah terdeteksi lagi. Sejak kejadian itu Sinyal Wow!  menjadi pusat perhatian media. Sampai sekarang belum ada pihak yang bisa mengartikan sinyal tersebut. Banyak yang beranggapan Sinyal Wow! adalah transmisi yang berasal dari alien.

Share :

Facebook Twitter Google+
4 Komentar untuk "Fakta unik, 10 misteri yang tak terpecahkan – part 3"

wah, menegangkan juga ya kalau dibayangin.
kayaknya beberapa misteri kalau dijadiin film seru nih..

mantap dah artikelnya kawan

menarik gan inponya..... cerita yang masih terus digali kebenarannya

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top