Fakta unik, 10 Makhluk Mitos yang paling terkenal

Kita semua sering mendengar atau membaca cerita tentang makhluk mitos, baik dari cerita Yunani kuno ataupun cerita yang lebih modern. Di fakta unik berikut ini ada daftar dari 10 makhluk mitos yang paling terkenal. Dan seperti biasa, jika sobat ingin menambahkan lebih banyak makhluk mitos yang belum masuk dalam daftar ataupun ada makhluk mitos yang belum kita semua ketahui, silahkan gunakan kotak komentar yang tersedia di bagian bawah halaman postingan ini.

1. Griffin


Griffin

Griffin sering digambarkan sebagai makhluk bertubuh singa tetapi bersayap dan berkepala rajawali. Dia dianggap sebagai makhluk yang sangat kuat, sebab singa adalah raja dari binatang, dan rajawali adalah raja dari burung. Pada zaman kuno makhluk ini dianggap pelindung dari Ilahi. Griffin sering diceritakan di masa-masa awal peradaban Minoa (2700 SM sampai 1450 SM).

2. Phoenix (Feniks)


Phoenix (Feniks)

Phoenix adalah burung api mitos dari zaman Mesir Kuno, Burung api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan. phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1461 tahun. Setelah hidup selama itu, phoenix membakar dirinya sendiri. Setelah itu, dari abunya, munculah burung phoenix muda. Siklus hidup burung phoenix seperti itu (renkarnasi), bangkit kembali setelah mati, lalu muncul sebagai sosok yang baru. Air matanya diyakini bisa menyembuhkan luka.

3. Unicorn

 

Unicorn

Unicorn biasanya digambarkan sebagai kuda dengan satu tanduk panjang di atas kepala, yang awalnya memiliki jenggot seperti kambing, ekor seperti singa, dan kuku terbelah. Unicorn mungkin satu-satunya makhluk mitologi yang tidak ditakuti manusia, diyakini unicorn adalah makhluk yang lembut. Namun untuk menangkap unicorn merupakan hal yang sangat sulit, kecuali dengan menggunakan trik tertentu. Tanduk nya dikatakan mampu menetralisir racun. Unicorn pertama kali muncul dalam Peradaban Lembah Indus (3300-1700 SM).

4. Satir

Satir

Dalam peradaban Yunani kuno satir diceritakan memiliki hubungan yang dekat dengan Dewa Pan dan Dionisos. Biasanya mereka berjenis kelamin pria. Satir dalam mitologi Yunani sering disamakan dengan Faun dalam mitologi Romawi. Digambarkan sebagai setengah manusia setengah kambing (bagian atasnya bertubuh manusia, dan bagian bawah bertubuh kambing), bertanduk dan berkaki kambing, rambutnya keriting, hidungnya pesek, ekornya tebal dan panjang, telinganya meruncing atau kadang- kadang seperti telinga kuda.Perilakunya jelek dan nakal namun pemalu dan penakut.

Satir tidak hidup abadi sehingga terkena dampak usia tua seperti manusia. Satir yang masih bocah belum memiliki tanduk yang sempurna sedangkan Satir jantan yang sudah tua berjenggot dan kepalanya botak.

5. Minotaur 

 

Minotaur

Dalam mitologi Yunani, Minotaur adalah monster berbentuk manusia yang berkepala banteng. Dia tinggal di tengah labirin rumit yang dirancang oleh arsitek Daidalos untuk menyimpan sang Minotaur. Wujudnya ini adalah akibat dari kutukan atas Minos, Raja Kreta.

6. Cyclops (Kiklops)

Cyclops (Kiklops)

Dalam mitologi Yunani, Cyclops adalah raksasa yang memiliki satu mata. Awalnya hanya ada tiga Cyclops yang merupakan anak dari Gaia dan Uranus. Karena penampilan mereka yang mengerikan, Uranus memenjarakan para Cyclops di Tartaros. Kemudian mereka dibebaskan oleh Zeus, untuk membantunya dalam perang melawan para Titan. Cyclops ahli dalam menempa besi, salah satu Cyclops yang terkenal adalah Polifemos.

7. Mermaid (putri duyung)


Mermaid (putri duyung)
 
Putri duyung telah dibahas setidaknya sejak 5000 SM. berwujud seperti manatee (lembu laut) atau dugong (duyung), Bedanya putri duyung memiliki wajah yang cantik namun bagian pinggangnya kebawah menyerupai ikan, memiliki ekor dan sisik.

Christopher Columbus mengklaim telah melihat beberapa kali putri duyung dalam perjalanannya. Menurut cerita rakyat Inggris, kemunculan putri duyung biasanya merupakan peringatan dini dari sebuah azab atau bencana alam.

8. Gorgon

 

Gorgon

Dalam mitologi Yunani Gorgon digambarkan dengan 3 wanita jahat bertaring, dan  memiliki rambut ular berbisa serta pandangan mata yang mampu membuat makhluk apapun menjadi batu. Gorgon yang paling terkenal adalah Medusa yang merupakan adik dari Stheno dan Euryale. Dikisahkan, Medusa mati ketika Perseus berhasil memotong kepalanya selagi ia melihat  bayangannya di perisai. Sedangkan Stheno dan Euryale hidup abadi. Patung Gorgon sering dipasang pada benda atau bangunan oleh orang Yunani untuk menangkal kejahatan dan perlindungan.

9. Banshee 

 

Banshee

Banshee adalah makhluk mitologi dari Irlandia dan biasanya menyerupai roh wanita. Mereka dianggap sebagai sebuah pertanda kematian dan diyakini berasal dari "dunia lain". Secara umum mereka dianggap sisa-sisa dari sebuah agama pagan Celtic kuno, dimana mereka adalah dewa- dewa kecil, roh, maupun nenek moyang terdahulu. Dalam bahasa Inggris mereka sering disebut peri. Menurut legenda, Banshees akan berkeliaran di sekitar rumah dan meratap ketika seseorang akan akan mati.

10. Giant (Raksasa)

 

Giant (Raksasa)

Dalam bahasa Inggris kata "Raksasa" digunakan untuk menggambarkan monster berbentuk manusia yang mempunyai kekuatan dan ukuran yang besar. Dalam kitab Injil mereka diceritakan dalam kisah Raja David dan Goliath (dalam Islam, kisah nabi Daud dan Goliat). Dalam mitologi mereka sering muncul dalam konflik antara para dewa dan sering membuat kekacauan di alam liar. Dalam budaya Yunani Kuno mereka muncul diawal peradaban, dan dikenal sebagai gigantes. Yaitu makhluk yang terlahir dari Gaia yang dibuahi oleh darah Uranus saat ia dikebiri.

Share :

Facebook Twitter Google+
6 Komentar untuk "Fakta unik, 10 Makhluk Mitos yang paling terkenal"

Dari indonesia gak ada sih bang ??

keren ya griffin.
hmm, kappa nggak ada kah?

Giant sering liat gw, banyak ada di mana" itu mall nya.

Itu yang phoenix kok kayak heliosnya Bima SAtria Garuda ya :D

klo phoenix nyata, hutan udah pada habis kebakar ya... hahaha

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top