45 fakta unik dan baru dari google


Fakta unik - Sama kita ketahui saat ini google adalah penguasa dari dunia internet yang setiap hari, setiap jam, bahkan hampir  setiap menit  kita gunakan. Mulai dari mesin pencari google, platform Blogger,  situs berbagi video Youtube, layanan email, jejaring sosial Googleplus, dan masih banyak layanan lainnya yang dikelola oleh google tidak kita ketahui  .  

   Dari mulai berdirinya sampai sekarang ini, ada banyak sekali fakta-fakta menarik yang mengiringi tumbuh dan berkembangnya Google menjadi sebuah perusahaan besar. Mulai dari uniknya pemilihan nama perusahaan sampai dengan digugat oleh karyawannya karena masalah diskriminasi, serta hal-hal  lainnya.

Fakta unik google


   Google adalah sebuah perusahaan sekaligus brand  internet ternama di dunia. Sejak didirikan pada tanggal 04 September 1998 lalu sampai sekarang, google tercatat sebagai salah satu perusahaan dengan penghasilan tahunan terbesar di dunia.  Berikut ini fakta-fakta unik yang mengiringi perjalanan Google yang saya rangkum dalam 45 fakta unik dan baru dari google.


 45-fakta-unik-dan-baru-dari-google


1.    Tidak seperti perusahaan-perusahaan lainnya, Google baru membuka Initial Public Offering pertamanya adalah tanggal 19 Agustus 2004, padahal perusahaan ini didirikan pada tanggal 04 September 1998.

2.    Hampir semua karyawan di Google disebut dengan nama Googler, sedangkan untuk para karyawan baru dengan sebutan Noogler.

3.    Berdasarkan Alexa, Google merupakan website paling sering digunakan di seluruh dunia.

4.    Versi awal Google dikembangkan di Stanford dan hanya dapat menganalisis 30 sampai 50 halaman saja dalam satu detik. Namun sekarang meningkat untuk dapat menganalisis jutaan halaman per detik.

5.    Google pernah digugat oleh salah seorang Sales Executive mereka yaitu Christina Elwell. Dia mendapatkan diskriminasi di pekerjaannya karena sedang mengandung.

6.    Untuk masalah hitungan pemakaian permenitnya, Google masih kalah dengan Facebook.

7.    Alamat pertama Google di internet adalah Google.stanford.edu.

8.    Twit Google di account resminya di Twitter adalah "I'm 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010. In February 2004. Which is binary for I'm feeling lucky."

9.    Di tahun 2007, Forbes menobatkan Google sebagai tempat untuk untuk kerja terbaik di seluruh Amerika Serikat.

10.    Di bulan Juni 2006, kata Google menjadi kata paling sering digunakan di Word 2002 dan pada bulan Juni 2006, kata Google telah ditambahkan dalam Oxford English Dictionary (OED).

11.    Nama Google diambil dari kata Googol yang pernah diucapkan oleh 2 orang anak perempuan bernama Milton Sirotta dan Edwin Sirotta ketika mereka sedang bermain-main.

12.    Larry Page dan Sergey Brin pernah akan menjual domain Google.com seharga USD 1 juta ke Altavista.

13.    Larry Page dan Sergey Brin dulunya tidak akur, namun dikarenakan memiliki persamaan visi, akhirnya mereka bekerja sama membuat satu perusahaan yang sekarang menjadi raksasa.

14.    Kedua pendiri Google ini awalnya menamakan mesin pencarinya dengan nama BackRub yang berfungsi untuk meranking backlinks semua hal yang ada di internet satu persatu.

15.    Database awal Google hanya sebesar 28GB saja.

16.    Untuk mendirikan perusahaan, Larry Page dan Sergey Brin harus pontang-panting untuk mencari pinjaman uang agar dapat merealisasikan impian mereka tersebut.

17.    Kantor pertama Google mengambil tempat di sebuah garasi mobil milik Susan Wojcicki.

18.    Hanya membutuhkan waktu 3 bulan saja, Google masuk sebagai 100 website baru yang diperhitungkan di dunia.

19.    Tombol "I'm feeling lucky" di Google adalah salah satu tombol besar dan terletak di posisi strategis yang amat sangat jarang digunakan.

20.    Google memiliki server lebih dari 450 ribu dan tersebar hampir di setiap negara di dunia.

21.    Google merupakan salah satu perusahaan digital yang gencar mengakuisisi startup yang berpotensi . Di antaranya, YouTube, Android, Motorola Mobility, Pyra Labs yang mengembangkan Blogger, serta Keyhole Inc yang melahirkan layanan Google Maps dan Google Earth.

22.    Hingga kini, sudah ada ratusan startup (perusahaan rintisan) yang diakuisisi oleh Google. Sejak 2010, jika dirata-rata, maka Google telah mengakuisisi lebih dari satu perusahaan setiap minggu.

23.    Halaman muka Google tampil bersih sejak kali pertama beroperasi karena dulu kedua pendirinya tidak menguasai HTML. Page dan Brin juga menginginkan mesin pencari dengan antarmuka yang ringkas. Karena itu, pencarian melalui Google dibuat sederhana. Pengguna cukup menekan tombol Enter setelah memasukkan kata kunci pencariannya.

24.    Hingga kini, tampilan homepage Google yang bersih, hanya menampilkan logo dan kotak pencarian, tetap dipertahankan.

25.    Indeks pencarian Google memiliki ukuran raksasa, yakni lebih dari 100 juta gigabyte. Dengan kata lain, butuh lebih dari 100.000 hard disk personal berukuran 1 terabyte untuk menyimpan indeks pencarian itu.

26.    Untuk menampilkan informasi pada aplikasi Street View yang merupakan bagian dari Google Maps, jika ditotal, maka Google telah memotret jalan sepanjang 5 juta mil atau 8,046 juta km.

27.    Pada tahun 2012, Google telah menemukan lebih dari 30 triliun URL unik di web. Coba bandingkan dengan jumlah URL unik pada tahun 2008, yang hanya berjumlah 1 triliun!

28.    Google dikenal sebagai perusahaan digital paling besar dan paling penting di dunia. Namun ternyata, masih ada kesalahan kode di halaman muka Google.

29.    Alasan pertama mengapa halaman utama Google sangat minim untuk ukuran website adalah karena perancangnya kurang menguasai HTML dan menginginkan sebuah halaman yang cepat dan praktis.

30.    Dari homepage yang serba kurang tersebut, banyak orang merasa ada elemen yang belum diloading sehingga mereka menunggu saja. Akhirnya perancang webnya menampilkan pesan copyright untuk menandakan halaman telah diloading seluruhnya.

31.    Google memulai start-nya pada 1996, sebagai sebuah proyek penelitian di Stanford University yang dikerjakan oleh kandidat Ph.D: Larry Page dan Sergey Brin. Saat itu keduanya baru berumur 24 dan 23 tahun.

32.    97% dari pendapatan Google berasal dari jasa periklanan/advertising.

33.    Setiap detik, Google mendapatkan penghasilan sekitar 700 dollar. Bayangkan, dalam 1 hari saja sudah berapa uang yang berhasil mereka peroleh.

34.    Craig Silverstein adalah karyawan pertama yang bekerja di Google. Dia juga lulusan ilmu komputer dari Stanford.

35.    Google memiliki lebih dari 3.000 staf bertaraf dunia yang disebut dengan Googlers. Kantor pusat mereka disebut Googleplex.

36.    Tidak ada batasan untuk pakain kerja di setiap kantor Google. Karyawan bahkan diperbolehkan menggunakan piyama atau kostum superhero saat bekerja.

37.    Per 2011, seluruh karyawan Google berjumlah 31,353 dan pada tahun yang sama, Google berhasil mengumpulkan pendapatan sejumlah $7,032,000,000.

38.    Semua huruf yang digunakan untuk setiap kata ‘Google’ merupakan hak paten miliki Google. Menurut berbagai sumber, Google akan membeli beberapa hak paten lagi untuk beberapa huruf lainnya, untuk ‘menambah variasi tulisan Google’ milik mereka.

39.    Diakui oleh mereka, perubahan terbesar dan paling berpengaruh adalah ketika mereka memperkenalkan fitur “Did you mean…?” untuk memperbaiki kesalah ketik saat melakukan pencarian. Fitur ini meningkatkan trafik Google hingga dua kali lipat.

40.    Penempatan “Did you mean…?” membutuhkan perdebatan yang sangat panjang, walaupun akhirnya diputuskan bahwa penempatan yang paling ideal adalah dibawah hasil pencarian.

41.    Google memiliki jaringan penerjemah terbesar di dunia.

42.    Google selalu memperhatikan bagaimana cara user menggunakan search enginenya. Jadi, setiap anda menggunakan Google, itu selalu dimonitor oleh Google.

43.    Segala email yang anda kirim ke Google akan dibaca dan direspon, jadi mengirim email ke Google bukanlah mengirim email ke lubang hitam yang tak jelas.

44.    Gmail ternyata telah digunakan secara internal oleh Google sebelum dilaunch ke publik.

45.    Karyawan Google diberi 20% dari waktu kerja mereka untuk mengembangkan proyek mereka sendiri. Google news dan Orkut adalah hasil nyata dari kerja model ini.

   Bagaimana sob, cukup banyak kan 45 fakta unik dan baru dari google. Lain kali saya coba share fakta-fakta unik lainnya….


Sumber :
http://www.merdeka.com/teknologi/20-fakta-unik-dan-menarik-dari-google-yang-jarang-diketahui-tekstory.html
http://www.ceritamedan.com/2013/12/fakta-unik-tentang-Google-yang-belum-anda-ketahui.html


Share :

Facebook Twitter Google+
6 Komentar untuk " 45 fakta unik dan baru dari google"

Hello yozi your is posting is best and very good ... shere back go to BloggerGado2 Ojo lali ..., he....he kita shering aja ... ok trims

Mantab Gan, semoga Google tak tertandingi

mantap bro hasil perjuangan gak sia sia

oh begitu toh bang tentang google ituuu

lengkapp bangetttt dah :D
wahh keren juga yahh google,
orang Indonesia bisa gak yah mendirikan perusahaan yang besar semisal google gitu ??

Wah google memang unik dan senantiasa menjadi unik untuk bisa selalu menjadi nomor satu dalam pencarian dunia. Salut mas tulisannya inspiratif

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top