#RipNelsonMandela, Nelson Mandela wafat


   Waktunya jum'at tanggal 6 desember 2013 kemarin. Saya sedang berada dikampus dan buka-buka twitter, cek timeline ada teman yang ngetweet #RipNelsonMandela, seperti kurang percaya ; apa benar bapak bangsa afrika selatan itu telah wafat ?

#RipNelsonMandela

   Saya cek lagi [browsing] dengan kata kunci "Nelson Mandela wafat", ternyata memang benar sob. Salah satu tokoh dunia yang saya kagumi itu telah wafat. Ngak tau kenapa hati ini jadi sedih melihat judul-judul berita di beberapa portal situs berita lokal tersebut.

   Saya coba membuka salah satu artikel, disebutkan Nelson mandela yang sebelumnya memang sudah lama menderita infeksi paru-paru berat lima bulan terakhir meninggal dirumahnya, di Johannesburg Kamis (6/12/2013) dalam usia 95 tahun, malam waktu Afrika Selatan atau dini hari waktu Indonesia.

Nelson-Mandela-dan-perjuangannya

Berbagai judul-judul berita yang muncul antara lain :

- Nelson Mandela Wafat


Yang menceritakan kronologis kepergian Nelson mandela

-  Nelson Mandela Wafat, Enam Tokoh Dunia Ini Berduka


Menceritakan ucapan bela sungkawa dari 6 tokoh dan artis dunia ini melalui akun twitter mereka masing - masing ; Ricky martin, Bill clinton, Bill gates, Jennifer lopez, Justin timberlake, dan Paul simon.

- Mandela Wafat Tepat Saat Will dan Kate Tonton Filmnya


Menceritakan hal yang unik atau kebetulan dari kematian Nelson mandela, dimana pangeran William dan Kate middleton sedang sedang menghadiri premier film biopik Nelson yang berjudul LONG WALK TO FREEDOM. Film itu diputar di Inggris pada Kamis (5/12), beberapa jam sebelum sang bapak dinyatakan meninggal. Ironisnya, hingga film itu hampir selesai diputar, keduanya tak menyadari bahwa pria asal Afrika Selatan itu telah meninggal dunia. Dan saat mendengar berita duka, keduanya langsung mengucapkan bela sungkawa.

Itulah tiga judul artikel yang merajai Search Engine, pas saya mencari tahu tentang kematian Nelson Mandela.

"Dunia berkabung atas kepergian salah satu sosok yang sangat disegani di abad 20 ini"

   Saya sendiri sangat mengagumi sosok beliau, mulai mengenalnya waktu masih sekolah dasar. Kemunculan Nelson mandela di berita televisi yang waktu itu masih menjabat sebagai presiden Afrika  selatan jadi momok tersendiri bagi saya, sosoknya yang kharismatik dan bersahaja semakin saya kenal lewat pelajaran-pelajaran IPS disekolah, lengkap dengan kisah hidupnya menentang politik anti apartheid, pemenang nobel perdamaian tahun 1993, dan kisah hidup mandela yang dipenjara selama 27 tahun.

   Tak jarang orang menyamakan Nelson mandela dengan tokoh perjuangan lainnya seperti Mahatma Gandhi,  berdasarkan apa yang telah dia korbankan dan perjuangkan untuk menegakkan kesetaraan hak dalam hidup, dalam berpolitik, dalam berdemokrasi, menegakkan perdamaian, rekonsiliasi dan keadilan.

   Perjuangannya menjadi inspirasi dan semangat bagi tokoh-tokoh dunia lainnya. Perjuangan yang dia elu-elukan tidak hanya untuk afrika selatan atau ras kulit hitam tapi juga untuk dunia.

   Saya sendiri merasa kehilangan dengan kepergian Nelson mandela, tak seperti kematian tokoh-tokoh dunia lainnya, seperti kematian si raja pop Michael Jackson, yang sempat membuat heboh dunia waktu itu, atau ditingkat nasional kematian mantan presiden indonesia Soeharto dan KH. Adurrahman wahid, kematian Nelson Mandela menyisakan kesedihan tersendiri bagi saya, sayapun tak tau kenapa .....

   Sampai postingan ini saya tulis berbagai ucapan bela sungkawa dari tokoh dunia, organisasi dunia/lokal, pemimpin negara, artis dunia maupun lokal, masih menghiasi berbagai judul artikel di internet. Bahkan sampai saat tulisan ini saya buat hastag twitter #RipNelsonMandela masih menjadi trending topic internasional.

   Oh ya, salah satu hal unik yang kemarin saya temukan di akun twitter teman adalah hasil ciplakan telapak [handprint] tangan dari Nelson mandela ....

handprint-tangan-nelson-mandela

Coba perhatikan dengan seksama ditengah-tengah gambar, membentuk seperti apa gambar diatas ?

   Ya, seperti benua afrika. Kebetulan atau sebuah keunikkankah telapak tangan seorang nelson mandela membentuk gambar benua afrika ? mungkinkah nelson mandela memang ditakdirkan untuk membuat perubahan besar bagi bangsa dan benua afrika dengan tangannya ? Mungkin hanya tuhan yang tahu dan memang tuhan yang maha tahu.

   Nelson mandela memang telah pergi untuk selamanya, bapak bangsa afrika selatan itu kini telah berada di surga .... Dunia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Perjuangan dan pengorbanan yang telah beliau lakukan akan selalu dicatat dalam sejarah dunia. Semoga kepergian Nelson mandela melahirkan Nelson Mandela-Nelson Mandela baru di bumi ini ..... 

Amin

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "#RipNelsonMandela, Nelson Mandela wafat"

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top