Cerita-cerita lucu waktu kuliah #2 Bapak dosen gaul dan nyentrik


   Didalam menjalani masa perkuliahan seorang mahasiswa tentu punya banyak cerita lucu, begitupun saya waktu masih jadi mahasiswa.

   Cerita lucu dan konyol waktu saya kuliah kali ini adalah tentang seorang dosen laki-laki yang terkenal nyeleneh, nyentrik, dan gaul dikalangan mahasiswa di fakultas saya dulu. 

   Sebelum menulis postingan ini saya sempat menghubungi bapak dosen via facebook, untuk minta izin memuat sedikit cerita tentang beliau di blog ini, tak lama berbincang lewat chat facebook pak dosen pun memberikan restunya ^____^ 

cerita-lucu-dan-konyol-dosen-gaul


  Cerita lucu - konyol

   Bapak dosen ini berumur 40 tahun, sesuai dengan data papan profil dosen yang saya lihat dijurusan, perawakannya dengan badan ideal, tinggi sekitar 165 cm.

   Yang membuat bapak ini beda dari para dosen lainnya adalah aturan-aturan yang beliau terapkan selama perkuliahan, aturan-aturan ini mungkin agak janggal rasanya karena diterapkan pada mahasiswa. Mungkin lebih cocoknya untuk murid-murid di SD.

   Bagaimana tidak janggal aturan-aturan seperti menyanyi didepan kelas atau meresume 1-3 bab buku dalam semalam lalu dikirim ke email ... bila tidak bisa menjawab pertanyaan atau datang terlambat.

   Dan satu lagi aturan nyeleneh beliau adalah bila mengikuti proses ujian tengan semester [UTS] dan ujian akhir semester [UAS] para mahasiswa wajib memakai "kostum norak" yang telah ditentukan. Biasanya ; yang cewek memakai jilbab seragam dengan warna yang norak [kuning, merah, hijau, pink, biru] ditambah kaos kaki yang seragam juga, kemudian yang cowok memakai dasi dan kaos kaki dengan warna yang sama juga. Sedangkan untuk pakaian, cewek dan cowok tetap memakai pakaian ujian pada umumnya : baju putih dan celana hitam panjang.

   Satu lagi hal yang lupa saya sebutkan diatas yaitu disetiap perkuliahan dengan bapak dosen ini para mahasiswa diwajibkan membawa silabus mata perkuliahan tersebut dan harus memakai kaos kaki. Pak dosen akan mencek satu persatu mahasiswa, hal ini rutin dilakukan begitu proses perkuliahan di mulai didalam kelas. Apabila ketahuan tidak membawa silabus atau tidak pakai kaos kaki, bersiap-siap saja untuk mendapatkan 2 pilihan hukuman yang saya sebutkan diatas tadi yaitu : nyanyi didepan kelas, atau meresume bab buku dalam semalam.

   Tak jarang teman-teman memilih hukuman yang instan saja, yaitu nyanyi didepan kelas dengan resiko sedikit malu. Nyanyi ini tiap minggu berganti-ganti temanya, sesuai dengan kesepakatan bersama. Terkadang lagu dangdut atau lagu yang sedang jadi hits saat itu. Dsb.

Historis

   Aturan-aturan bapak dosen yang sedikit nyeleneh ini tidak saya ketahui sejak kapan, sejak saya kuliah dengan beliau aturan ini sudah ada juga, saya tanya sama senior 1-3 tahun diatas saya. Mereka juga sudah merasakan aturan-aturan bapak ini dari awal kuliah dengan sang bapak dosen. Jadi bisa saya ambil kesimpulan bahwa aturan-aturan ini sudah diberlakukan oleh sang bapak sekitar 10 tahun kebelakang.

Kontoversi

   Ulah unik sang bapak dosen tidak hanya jadi perbincangan dikalangan mahasiswa, tapi juga dikalangan dosen lainnya. Hal ini dianggap sedikit meresahkan dan menambah beban mahasiswa, tak jarang beberapa teman dosen yang sejurusan dengan sang bapak menyindir tingkah polah beliau ini, baik dikantor jurusan ataupun ketika berada didalam kelas.

Hikmah

   Setiap hal baik ataupun buruk pasti ada hikmahnya yang bisa diambil sebagai pelajaran kan ?
Begitu kata-kata bijak yang sering saya dengar.

Dari selama masa perkuliahan dengan dosen nyentrik ini ada beberapa pelajaran yang bisa saya ambil, terlepas dari semua aturan menjengkelkan dan kontroversi yang saya sebutkan tadi.

Yaitu :

   Para mahasiswa dilatih disiplin dan rapi
Ada baiknya juga sih kalau diingat - ingat dengan adanya hukuman tadi, membuat setiap mahasiswa terlatih untuk disiplin dan juga bersikap rapi dalam perkuliahan.

  • Disiplin

   Iya kan, kalau setiap akan kuliah dengan sang dosen otomatis mahasiswa banyak sedikitnya akan terbiasa belajar sebelumnya tentang materi kuliah yang akan dipelajari dengan bapak dosen, walaupun itu sekedarnya. Sebagai cadangan terhadap serangan pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan.

  • Rapi

   Dengan diharuskannya memakai kaos kaki disetiap perkuliahan bisa jadi kembali mengingatkan mahasiswa untuk merapikan diri.

   Memang dalam momok dunia perkuliahan setiap mahasiswa menganggap sudah menjadi bebas dalam bergaya/berpakaian, berbeda dengan jenjang-jenjang pendidikan sekolah yang telah mereka lewati sebelumnya, yang masih mewajibkan memakai seragam. Kebanyakan mahasiswa [yang gaul] memanfaatkan kebebasan ini dengan bergaya sesuka mereka, seperti memakai kaos oblong, sandal, sepatu tanpa kaos kaki.

   Dengan adanya aturan bapak dosen ini, mudah-mudahan saja bisa sedikit merubah gaya-gaya mahasiswa tersebut.

#NB bapak dosen ini juga aktif dijejaring sosial facebook, umumnya setiap mahasiswa yang beliau ajar memiliki perteman dengan si bapak di facebook. Oh ya sob, saya hampir lupa nyeritain. Disetiap perkuliahan bapak ini selalu membawa kemdik [kamera digital] gunanya untuk apa ?
 
   Setiap mahasiswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan atau yang terlambat, disuruh berdiri didepan kelas sebelum menunggu giliran untuk nyanyi, lalu difoto kemudian diupload oleh si bapak ke akun facebooknya. Entah apa maksud si bapak dengan mengupload foto-foto mahasiswa ini, tetapi selalu foto-foto yang diupload di facebook tersebut memancing komentar-komentar lucu dari teman-teman mahasiswa yang lainnya, memang ada-ada saja ulah dosen saya yang satu ini sob (^_____^)  

   Kabar terakhir yang saya dengar dari junior kemarin, si bapak baru saja pulang dari menunaikan ibadah haji, selamat jadi pak haji pak ....

   Dan si bapak sekarang sudah tidak lagi mengajar diprodi yang saya ambil dulu, tapi sudah pindah ke prodi yang satunya [jurusan saya memiliki dua prodi sob], sukses selalu ya pak ...... 

   Kalau kalian ingin tau dengan dosen gaul yang satu ini, coba saja tanyakan pada teman-teman yang kuliah di jurusan ilmu sosial politik Fakultas ilmu sosial UNP [universitas negeri padang] angkatan 2005 keatas, semua pasti tau.

Share :

Facebook Twitter Google+
1 Komentar untuk "Cerita-cerita lucu waktu kuliah #2 Bapak dosen gaul dan nyentrik"

Dulu waktu masih kuliah, saya lebih sering ketemu dosen yang biasa-biasa saja ketimbang yang gaul, kadang malah ketemunya dosen yang "killer" hehe

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top