Akhirnya Google Pagerank desember 2013 di update juga


   Hari kemarin Jum'at tanggal 6 desember 2013 Google resmi mengupdate pagerank untuk yang kedua kalinya dalam tahun 2013 ini. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang dilakukan 4 kali dalam setahun, dalam tahun 2013 ini sepertinya Google hanya melakukan dua kali update pagerank. Terakhir kita ketahui yang dilaksanakan tanggal 4 februari 2013.

   Mengingat update yang dilakukan ini adalah di bulan desember yang merupakan bulan terakhir, jadi tidak mungkin lagi diadakan update setelah ini, dalam tahun 2013. 

update-google-pagerank-desember-2013

   Di tahun-tahun sebelumnya Update Pagerank biasanya dilakukan 3 bulan sekali seperti historis di tahun 2012 :
- 7 November 2012
- 2 Agustus 2012
- 2 Mei 2012
- 7 Februari 2012

   Sebelumnya, ditahun 2013 ini sendiri sempat berembus kabar beberapa kali jadwal update pagerank Google, setelah update yang pertama, yaitu diprediksi akan diadakan pada : 
- Musim Panas: 27 Juni – 7 July;
- Musim Gugur: 29 September – 4 Oktober;
- Musim Dingin (lagi): Akhir tahun 2013

   Dan fakta yang terjadi, semua prediksi tersebut salah. Satu bulan yang lewat saya juga sempat diberi tahu oleh seorang blogger master indonesia melalui akun facebooknya, bahwa google tidak akan mengadakan update pagerank lagi dalam tahun 2013 ini, berdasarkan sebuah berita yang dilansir media online internasional bersumberkan salah seorang petinggi Google pusat. Dan sekali lagi, Hal ini terbukti keliru melihat kenyataan yang terjadi di hari Jum'at kemarin.

   Saya sendiri juga sangat menunggu-nunggu update pagerank Google. Terhitung sejak blog ini saya buat, baru 4 kali blog yozidahfilputra.blogspot.com ini melewati masa update pagerank google yaitu pada  2 Agustus 2012, 7 November 2012, 4 februari 2013, dan terakhir tanggal 6 desember 2013 ini.

   Sedikit cerita tentang pagerank blog ini, blog yang saya buat di bulan maret 2012 ini [berdasarkan postingan pertama] 2 kali mengalami perubahan pagerank ;

  • Pertama, 2 agustus 2012.
   Blog ini saya buat bulan maret, dua bulan sebelum google melakukan update pageranknya yang kedua ditahun 2012, untuk mendapatkan pagerank diwaktu itu otomatis blog ini belum bisa. Karena belum sepenuhnya terindek, baik blog maupun konten-konten nya.

   Pagerank pertama yang saya dapatkan yaitu dibulan agustus 2012, berkat berbagai optimasi yang saya lakukan Alhamdulillah blog ini langsung mendapatkan PR 2, hal ini cukup menambah semangat saya dalam menekuni dunia blogging. Mengingat pagerank 2 adalah pagerank yang lumayan tinggi untuk sebuah blog yang baru berumur 6 bulan. Meskipun sangat jauh tertinngal bila dibandingkan dengan situs raksasa seperti facebook, twitter, youtube, dsb.

  • Kedua, 6 desember 2013.
   Seiring waktu, pagerank 2 yang saya miliki tersebut terus bertahan melewati 3 kali jadwal update pagerank google ; 2 Agustus 2012, 7 November 2012, 4 februari 2013. Tidak naik, tidak turun.

   Di jadwal 7 November 2012 dan 4 februari 2013, pagerank masih bertahan berkat berbagai aktifitas optimasi yang teratur saya terapkan. Baru pada jadwal yang terakhir ini [ 6 desember 2013 ] sepertinya saya harus kehilangan satu angka pagerank, ya. seperti yang baru saya cek tadi siang pagerank blog ini jatuh ke angka 1. 

   Hal ini sendiri sudah saya prediksi sebelumnya, mengingat aktifitas optimasi blog dan aktifitas lainnya yang tidak teratur, apalagi mengingat masa 6 bulan masa ke-VAKUM-an blog ini yang sempat saya tulis di postingan Mencoba update kembali, seandainya bulan juni-juli kemarin diadakan update pagerank, saya sendiri sudah bersiap menerima apapun PR yang diberikan oleh google terhadap blog ini.

Lanjut .....
   Setelah mendengar dan melihat kenyataan update yang tidak kunjung-kunjung datang, dikuatkan isu seperti yang saya sebutkan diatas tadi, semangat untuk memperbaiki citra blog ini dimata google kembali saya usahakan dengan berbagai cara, mumpung belum terlambat [ bisa sobat cek postingan 2 bulan kebelakang ^__^ ] dengan harapan akan mendapatkan PR yang lebih tinggi. Tapi kenyataannya juga tidak seperti yang saya harapkan, setelah melihat kenyataan siang kemarin itu.     
          
   Update Pagerank Google ibarat sebuah hasil evaluasi dari google, dimana google memberikan penilaian berupa indikator angka 1-10 terhadap sebuah situs atau halaman-halaman dari sebuah situs.

   Meskipun bukan satu-satunya indikator untuk jadi acuan kualitas sebuah situs atau halaman situs, namun tidak bisa juga kita pungkiri bahwa penilaian dari google yang saat ini merupakan penguasa Search Engine, sangatlah memiliki arti yang besar bagi peringkat situs maupun di mata mesin-mesin lainnya.

   Akhir cerita, saya mengucapkan selamat kepada teman-teman blogger yang pageranknya naik di jadwal update pagerank kali ini, dan tetap semangat bagi yang pageranknya turun.

   Ingat, pagerank google [PR homepage] tidak mempunyai pengaruh di serp, artinya pagerank tidak menjamin postingan kita bisa merajai hasil pencarian, tapi kualitas dari postingan itu sendirilah yang menjadi kunci utamanya [pagerank halaman postingan].    

   Sebelum benar-benar mengakhiri postingan ini, saya ingin memberikan sedikit list update pagerank blog dari teman-teman dan sesepuh blogger yang sering saya jadikan rujukan dan inspirasi dalam dunia blogger dan menulis postingan :

Ahmad Firdaus = madz666.blogspot.com PR 2 => PR 1
Irvina Lioni Yuniasari = kancut-beringas.blogspot.com PR 2 => PR 2
Ahmad Khoirul Azmi = buka-rahasia.blogspot.com PR 3 => PR 2
Ricky Pratama = trikmudahseo.blogspot.com PR 2 => PR 3
Raditya Dika = radityadika.com PR 4 => PR 3
Alitt Susanto = shitlicious.com PR 4 => PR 2
Benazio Rizki Putra = benablog.com PR 4 => PR 3

Memang, kebanyakan dari para blogger sesepuh pageranknya anjlok ..... ^__^
Sedikit mengingatkan, bagi sobat blogger yang ingin mencek Pagerank blognya silahkan kunjungi http://www.prchecker.info/

See You ..........   

Share :

Facebook Twitter Google+
2 Komentar untuk "Akhirnya Google Pagerank desember 2013 di update juga"

Iya gan... PR blog ane bukannya naek.... eh, dari 2 turun jadi 1 (sedih)

terimakasih gan,mudah2an blog ane ketularan bisa dpt PR bagus jg nh.amin

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top