Kesehatan itu tidak ada harganya sob #1


   Kesehatan itu tidak ada harganya sob, kalimat itu sepertinya sepele dan terlalu sering kita dengar, kalimat-kalimat kesehatan yang hampir sama maknanya dengan kalimat tadi juga sering kita dengar. Seperti :

"Sehat bukan untuk orang lain tapi diri sendiri"
"Hidup Sehat Dimanapun Kapanpun"
"Tanpa hidup sehat, apalah arti hidup bahagia?"
"Tubuh Anda Masa Depan Anda. Sayangilah Tubuh Anda Mulai Sekarang"
"Sehat adalah pelayan hidup paling berharga"
"Kekayaan itu penting tapi sehat jauh lebih penting"
"Sehat adalah modal utama, uang modal kedua"
"Tubuh sehat, awal suksesmu!"
"Modal utama sukses itu kesehatan"

   Tapi, bila kita analisa lebih jauh kalimat itu mengandung sebuah kebenaraan yang hakiki. Kesehatan itu memang tidak ada harganya. Kalaupun kita hargai dengan uang kesehatan itu mungkin tidak akan ada harganya, tidak ada harganya berarti tidak bisa dihargai dengan uang, saking mahalnya sebuah arti kesehatan itu. Uang bisa membantu kita dalam mengobati satu penyakit, uang bisa kita manfaatkan untuk mempertahankan kesehatan yang kita miliki, tapi tidak bisa membeli kesehatan itu sendiri.

   Organ – organ penting yang ada dalam tubuh kita adalah salah satu anugerah terbesar yang diberikan oleh tuhan. Organ tersebut bersifat satu kali pakai, yaitu selama kita hidup saja. Kita ambil sebagai contoh, Paru-paru. Paru-paru yang fungsinya untuk kita bernafas. Dari bayi sampai menginjak usia remaja (umur 15 tahun ) umumnya paru-paru kita masih bersih dari racun dan polusi lingkungan. Dan khusus yang laki-laki, setelah menginjak usia remaja keatas biasanya paru-paru mereka sudah terkontaminasi oleh racun yang dihasilkan oleh rokok. Ya, rokok merupakan penyebab utama kerusakan paru-paru bagi kaum laki-laki, bila kita persentasekan laki-laki penduduk Indonesia dari yang remaja sampai  berumur lanjut, 80% nya adalah perokok. Laki-laki mengenal rokok biasanya dalam masa menginjak remaja. Di Indonesia bahkan dunia, rokok adalah salah satu media wajib dalam pergaulan. Sehingga sering kita kenal istilah “ belum merokok belum gaul”.

remaja-menghisap-rokok

For You Information :

Bukan hanya nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok. Ada kurang lebih 4.000 jenis zat yang terdapat dalam satu batang rokok. Dan sekitar 200 di antara zat pembuat rokok itu mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan.

Dari 200 racun itu, nikotin, tar dan karbon monoksida adalah tiga racun utama rokok, Nikotin merupakan zat adiktif yang mem pengaruhi syaraf dan peredaran darah. Dia dapat merusak jantung, sirkulasi darah, dan membuat pemakainya kecanduan…

racun-di-dalam-rokok

Adapun tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru, dapat menyebabkan kanker, sementara itu, karbon monoksida (CO) adalah senyawa gas yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan sel darah merah mengikat oksigen.

Di samping tiga racun utama itu, di dalam rokok juga terkandung acrolein (bahan yang mengandung alkohol), amonia (bahan pembersih lantai), formic acid (bahan yang dapat membuat kulit melepuh), hidrogen cyanide (bahan yang mudah terbakar dan biasa digunakan pada suntikan hukuman mati). Masih ada lagi bahan berbahaya lain yang tak kalah mematikannya, yaitu nitrous oxide (zat pembius pada operasi), phenol (zat yang mampu menghalangi kerja enzim), hydrogen sulfide (bahan yang mudah terbakar), dan pyridine (zat pembunuh hama).

Beberapa zat pembuat rokok merupakan bahan-bahan yang seharusnya tak ter hisap paru-paru, misalnya cadnium (bahan aki mobil), metanol (bahan bakar roket), aceton (penghapus cat kuku), polonium (bahan bakar korek api), dan arsenik.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahan-bahan berbahaya dalam rokok itu terbukti mengakibatkan banyak kerusakan pada organ tubuh, tak hanya pada perokok melainkan juga orang di sekitar yang ikut menghisap asap rokok. Perokok pasif dan jantung koroner. lebih dari itu menghisap asap rokok orang lain dapat memperburuk kondisi seseorang yang menderita penyakit nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah pada jantung (angina), asma dan alergi.

Sejumlah gangguan kesehatan seperti iritasi mata, sakit kepala, pusing, sakit tenggorokan, batuk dan sesak napas juga kerap muncul. Sedangkan pada perempuan, racun rokok antara lain menyebabkan gangguan fertilitas, haid tidak teratur,mempercepat menopouse, dan kecacatan pada janin. Pada laki-laki, racun rokok mengakibatkan impotensi dan melemahnya sperma.

   Melalui sebuah sumber yang saya dapatkan, seorang perokok aktif yang rutin merokok 1 bungkus sehari selama 3 tahun saja, keadaan paru-parunya sudah bisa dikatakan “parah” karena terkontaminasi racun-racun yang terdapat dalam rokok tersebut. Apalagi perokok yang mulai merokok dari remaja sampai berumur lanjut bahkan sampai wafat (mati), bisa kita bayangkan seberapa “parah” keadaan paru-parunya.

Ini ada gambar yang membandingkan paru-paru seorang yang tidak merokok dan perokok

Mau pilih yang mana sob ?

   Setelah terkontaminasi, fungsi dari paru-paru akan sedikit menurun dan terganggu, disinilah istilah “kesehatan itu tidak ada harganya” tadi memiliki arti. Paru-paru yang sudah rusak menimbulkan berbagai masalah dalam pernafasan bahkan masalah-masalah lainnya bagi tubuh kita. Paru-paru yang rusak tersebut tentu tidak bisa kita ganti begitu saja. Bahkan, kalau kita mau membeli paru-paru yang baru, apa ada orang yang menjual paru-paru di dunia ini ???. Dan sejauh ini, mustahil bagi manusia mengganti organ paru-paru yang masih berfungsi dengan paru-paru orang lain, paru-paru orang yang baru saja meninggal dunia misalnya.

   Paru-paru memiliki susunan yang sangat rumit didalam tubuh kita, yang saya sendiripun tidak mengerti kalau harus membicarakan hal tersebut. Kalaupun harus diganti tentu akan menghilangkan nyawa orang yang memiliki paru-paru tersebut. Jadi mustahil lah kalau ada orang yang bisa mengganti paru-paru seseorang yang masih hidup.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Kesehatan itu tidak ada harganya sob #1"

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top