Puisi terakhir dalam film Gie


wallpaper-soe-hok-gie

   Kita sering menangis terharu ketika menonton sebuah adegan dalam film atau mendengarkan lagu. Biasanya ini dialami cewek yang memang memiliki perasaan lebih halus, tapi cowok pun tak bisa mengelakkan fakta tersebut.

Sebelum kalian melanjutkan membaca tulisan ini, kalian mau bilang apa nantinya tentang saya, saya nyerah deh ;(

   Sedangkan menangis ketika membaca atau mendengarkan sebuah puisi, karena terlalu menghayatinya ?

Kalau saya pernah ...

   Seingat saya, puisi yang pertama kali membuat saya meneteskan air mata adalah puisi terakhir yang ada di endingnya film Gie.

Bunyi puisi tersebut begini ....

Ada orang yang menghabiskan waktunya berziarah ke mekkahAda orang yang menghabiskan waktunya berjudi di mirazaTapi aku ingin habiskan waktuku disisimu sayangkuBicara tentang anjing-anjing kita yang nakal ... dan lucuAtau tentang bunga-bunga yang manis di lembah mandalawangi
Ada serdadu-serdadu amerika yang mati kena bom di danauAda bayi-bayi yang mati lapar di biavraTapi aku ingin mati disisimu manisku ...Setelah kita bosan hidup dan bertanya-tanya
Tentang tujuan hidup yang tak satu setanpun tau
Mari sini sayangku, kalian yang pernah mesra, yang pernah baik dan simpati padaku
Tegaklah ke langit luas atau awan yang mendungKita tidak pernah menamkan apa-apa kita takkan pernah kehilangan apa-apa

   Lalu di bait bagian mana yang membuat saya jadi cengeng itu ?

Kalimat tersebut adalah ...

Tapi aku ingin mati disisimu manisku.

Waduh .. duhhhhh

   Entah mengapa ketika mendengarkan kalimat tersebut saya jadi ingat seseorang waktu itu.
  • Saya pertama kali nonton film Gie waktu SMA, kelasnya lupa.

   Didalam filmnya sendiri scene pembacaan puisi tersebut memang penuh beruraikan air mata, adegan yang diperankan oleh Sita nursanti tersebut sangat pas, membuat penonton larut dalam suasana haru yang sedang terjadi didalam film.

   Kalau sobat punya pengalaman menarik tentang film, lagu, ataupun puisi, share di kotak komen ..... Oh ya, ini juga ada sedikit kumpulan foto-foto Soe Hok Gie yang saya dapat dari berbagai sumber.

kumpulan-foto-soe-hok-gie-1

kumpulan-foto-soe-hok-gie-2

kumpulan-foto-soe-hok-gie-3

kumpulan-foto-soe-hok-gie-4

Share :

Facebook Twitter Google+
2 Komentar untuk "Puisi terakhir dalam film Gie"

Wiihh..
so sweeeettttttttt...
Mau dong dibacain puisinya sama Zayn malik..
haha

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top