Kebiasaan buruk yang harus kita rubah


Ngapain kalian sambil tiduran  ???

   Enak sih emang enak, baca komik/buku/novel sambil tiduran, kadang-kadang maen laptop juga sambil tiduran. Buat teman-teman blogger khususnya yang sering memakai berbagai benda-benda Gadget untuk blogging, perlu nih.

Kebiasaan ini sebenarnya berbahaya sob. Kalau kita kaji dari sisi kesehatan.

Saya bahas ya ?!
Mau nggak !!
Mau aja yaaahhhh.

membaca-dalam-gelap

Membaca sambil tidur


   Larangan yang ini mungkin sudah terlalu sering kita dengar dari kecil. Ortu mewanti-wanti untuk tidak melakukannya.

   Secara ilmiah dapat dijelaskan, bukan posisi membaca sambil tidur yang menyebabkan mata rusak, tetapi cahaya yang menerangi tulisan. Bila pada posisi membaca sambil duduk, lampu yang menerangi biasanya datang dari atas, sehingga dapat menyinari semua objek bacaan.

Jadi, tidak ada hubungan antara posisi tidur sambil membaca dan timbulnya kelainan mata.

   Tidak ada salahnya mengingatkan kepada siapa pun, untuk tidak membaca sambil tiduran, apalagi kalau penerangan lampu tidak cukup. Untuk keperluan membaca, atau juga melakukan pekerjaan tangan yang rumit seperti menjahit, melukis, dsb., disarankan menggunakan penerangan dengan bola lampu susu 40 watt. Sebaiknya sinarnya di pusatkan ke objek bacaan atau pekerjaan yang dilakukan. Dan posisi membaca sambil duduk ditambah dengan cahaya yang mencukupi adalah yang paling baik.

Tips pengecekkan mata :


   Pengecekan dilakukan untuk mengetahui apakah mata masih normal atau tidak, bisa dilakukan sendiri secara sederhana di rumah. Mata yang sering dikedip-kedipkan, digosok- gosok, atau dikerutkan, bisa dites penglihatannya dengan membaca angka-angka kalender dari jarak tententu.

   Sedangkan tiduran sambil menggunakan laptop juga banyak efek sampingnya sob, yang paling kita ketahui. Laptop itu kan menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan kita.

   Radiasi ditemukan di hampir semua barang elektronik, yang membedakannya adalah tingkat atau kadar radiasi tersebut. Salah satunya laptop/notebook. Laptop merupakan perangkat elektronik yang mengeluarkan sinar radiasi elektromagnetik. Saat ini laptop banyak dilengkapi dengan Wi-fi (wireless fidelity) yang lebih dikenal sebagai jaringan lokal nirkabel. Dengan Wi-fi orang bisa masuk ke jaringan internet tanpa harus repot menyambungkan kabel dari komputer ke line telepon. Akan tetapi sadarkah sobat bahwa wi-fi selain bermanfaat, ternyata juga berdampak negatif bagi kesehatan kita. Berikut ini efek yang ditimbulkan oleh radiasi yang saya kutip dari berbagai sumber :

  1. Efek menggunakan laptop di atas paha; kelainan kulit akibat panas / penyakit kulit akibat radiasi. Dapat melemahkan sperma pria dan dapat menyebabkan kanker.
  2. Ditemukan sejumlah efek radiasi, seperti kerusakan kromosom, yang berdampak pada kapasitas konsentrasi dan menurunnya memori jangka pendek, serta meningkatnya kejadian berbagai tipe kanker.

Tips mengurangi efek radiasi :


  1. Jangan meletakan laptop di atas paha atau di pangkuan.
  2. Biasakan untuk menempatkan laptop pada permukaan meja.
  3. Jika hamil, jangan menempatkan laptop di dekat perut.
  4. Jangan duduk terlalu dekat ke layar laptop.
  5. Jangan terlalu cerah saat setting kecerahan tampilan laptop sobatnya.

Share :

Facebook Twitter Google+
4 Komentar untuk "Kebiasaan buruk yang harus kita rubah"

kayaknya ane udah kena dampaknya gan. sering banget gag bisa konsentrasi jangka pendek. #parah

Kebiasaan buruk yang dapat merugikan kita dalam jangka panjang. Perilaku hidup bersih dan sehat hendaknya terus disosialisasikan terus menerus. Salam cemerlang!

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top