Hotspot Wi-Fi gratis di kampus-kampus


   Kemajuan saat ini memang dapat kita rasakan diberbagai bidang, terlebih lagi di dunia teknologi informasi, khususnya dunia internet, dengan internet ruang lingkup dunia semakin kecil di depan sebuah layar monitor laptop, Pad, maupun smartphone-smartphone canggih yang dari hari kehari semakin bervariasi.

   Untuk menunjang kinerja dan memanfaatkan fungsi dari gadget" tersebut dibutuhkan sebuah jaringan internet yang memadai, layanan ini disediakan oleh provider" telekomunikasi dan seluler yang ada di negara" di dunia ini, untuk indonesia sendiri kita banyak mengenal nama provider-provider yang sudah tidak asing lagi di bidang tersebut.

   Layanan ini berbayar, tapi seiring perkembangan zaman, di tempat-tempat tertentu mulai disediakan layanan internet gratis. yang kita kenal dengan Hotspot wi-fi.

# sekilas info... wi-fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan Lokal Nirkabel ( Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g [ ambil dari google ]

   Di tempat" umum seperti bandara, mall, maupun instansi pemerintah seperti kantor-kantor,sekolah,dan universitas Sekarang disediakan hotspot wi-fi gratis yang bertujuan untuk melancarkan koneksi para pekerja instansi tersebut di dunia maya. Layanan ini terkadang di lindungi dengan password bersama ataupun tanpa password untuk mengaksesnya.

   Dan kali ini saya akan membahas khusus fenomena hotspot wi-fi gratis yang ada di universitas-universitas, khususnya di universitas saya UNP.

online-di-kampus
Salah satu sudut kampus UNP di malam hari
   Dengan tujuan yang sama dengan kampus-kampus lainnya dalam menyediakan hotspot gratis yaitu untuk menunjang proses akademik bagi mahasiswanya dan perangkat instansi universitas.

   Hal menarik yang dapat kita lihat adalah pada malam hari, dimana para mahasiswa secara berombongan maupun perorangan "nongkrong" di tempat-tempat yang tidak jauh dari radius sinyal wi-fi.

   Kita dapat melihat titik-titik tertentu di kampus ini sudah di penuhi oleh mahasiswa yang OL (online) mulai dari pukul 19.30 - 23.00.

   Ada juga beberapa mahasiswa (umumnya yang cowok) menjadikan tempat ini sebagai tempat alternatif "batanggang" dengan cara online sampai pagi. Dengan dibekali minuman dan cemilan kecil, para mahasiswa ini mengakhiri kegiatan mereka ketika suara adzan subuh sudah terdengar. 

   Dan tak ketinggalan kegiatan inipun terkadang di manfaatkan oleh sebagian mahasiswa yang sedang kasmaran sebagai ajang " PC " (pacaran) dengan pasangan nya.

   Kejadian lucu terjadi di fakultas saya sendiri (fakultas ilmu sosial politik), kemungkinan besar disebabkan kerisihan yang di buat oleh teman-teman mahasiswa yang tiap malam OL di tempat ini, stop kontak (colokan) yang berjumlah 5 buah di beberapa sudut dicopot oleh ( kemungkinan besar bapak security ), jadinya tak ada lagi mahasiswa yang OL sampai pagi, dikarenakan baterai laptop yang ngedrop (apalagi yang baterainya bocor) yaaaaa, terpaksa mereka pulang ke kos masing-masing ..... Ha ha ha ha ha

colokan-listrik-di-kampus
Colokan, nasibmu kini ..... :(
   Bagi mahasiswa, hotspot gratis memang sangat membantu dalam menunjang aktifitasnya sebagai mahasiswa, seperti mencari tugas kuliah, ataupun utuk sekedar mejeng di jejaring sosial. Tapi terkadang mahasiswa itu sendiri yang lepas kontrol dalam memenage porsinya, sehingga kebanyakan di gunakan untuk hiburan semata itu si hotspot (termasuk saya sendiri #nyengir).
Bagi mahasiswa dari kalangan menengah keatas mereka bisa beli modem, atau berlangganan speedy langsung. Tapi bagi kalangan mahasiswa kalangan kebawah hotspot gratis merupakan jalan keluar yang paling tepat.

colokan-di-kampus

Share :

Facebook Twitter Google+
3 Komentar untuk "Hotspot Wi-Fi gratis di kampus-kampus"

haisshh,, kejam amat tuh security, masa sampe dibongkar segala, x_x mungkin dia iri ya :D

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top