Pendakian pertama (1)

Hai sob, Pernah mendaki gak ?

Mendaki merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan, menyehatkan, dan sangat mengasyikkan. Dengan mendaki kita bisa menikmati alam secara langsung ,baik untuk kesehatan, mendaki juga dapat memupuk sifat saling tolong menolong dan gotong royong bila itu dilakukan secara bersama-sama / berkelompok.

Pada postingan ini saya akan berbagi cerita tentang pendakian pertama saya. Pendakian pada gunung Merapi yang berada pada daerah padang panjang, sumatra barat. Gunung merapi merupakan gunung berapi aktif yang berada pada ketinggian 2891 Mdpl. Bila dihitung dari waktu kejadian mungkin postingan ini sedikit nggak up to date atau malah bisa dibilang basi karena udah kelamaan kejadiannya sob, tapi GPP kan ?!..... karena saya ingin berbagi pengalaman dengan sobat blogger semua. Maka dari  itu saya masukkan saja pada laman ini, agar sobat blogger juga bisa ikut merasakan perjalanan yang saya lakukan, dan semoga saja nggak bosan-bosan ngebacanya.

Untuk foto-fotonya sendiri saya memiliki banyak sekali dokumentasi foto, yang kalau dimasukkan semuanya mungkin sobat semua malah ngacir pergi karena kebanyakan foto. Jadi saya masukkan saja yang seperlunya. Foto-foto tersebut merupakan kumpulan dari foto-foto yang telah di satukan dari beberapa kamera digital dan handphone semua teman-teman pendaki.

Adventure begin .........

Pendakian ini saya lakukan bersama teman-teman anggota KAMMI ( kesatuan aksi mahasiswa muslim indonesia ) pada tanggal 19 maret 2011 dengan jumlah total 20 orang, saya sendiri bukanlah anggota dari organisasi tersebut. Ceritanya berawal ketika saya diajak oleh teman satu kamar kost-an. Yang pada saat itu, si teman ini masih merupakan anggota dari organisasi tersebut. Spontan waktu diajak saya meng-iyakan ajakan-nya. Maklum, saya yang sejak dari SMA dulu ingin sekali mendaki tapi nggak pernah kesampaian karena ada saja halangan yang datang terhadap rencana yang telah disusun, ditambah lagi basic dan pengalaman  saya yang belum pernah mendaki.

Akhir cerita, saya berangkat bersama dua orang teman dari kost-an.

di-depan-kos
Berpose dulu ah di depan kost’an.

sendiri

sebelum-datang-bus
Setibanya di wisma KAMMI

di-wisma-KAMMI
Sambil nunggu bis datang, narsis-narsis dulu Ahhh....

kenang-kenangan
Pose bersama

mobil-patas
Bisnya dah datang tuh ....

angkutan-kota-kabupaten
foto-sebelum-pergi
Sebelum keberangkatan ...

menunggu-berangkat
Diatas bis tapi masih belum berangkat.

Diperjalanan, sekitar daerah lubuk alung gerimis mulai turun dan nggak berhenti sampai tiba di padang panjang. Insiden kecil sempat terjadi di daerah kayu tanam, mobil kami nyenggol seorang pengendara motor yang datang dari arah bukittinggi, ditambah  keadaan jalan yang licin karena diguyur hujan membuat pengendara tersebut jatuh. Alhamdulillah insiden itu bisa diselesaikan dengan jalan damai.
   Perjalanan dilanjutkan.
   Setibanya di padang panjang, tepat di tepi jalan kami turun. Gerimis belum juga reda.kebetulan dekat jalan menuju jalur pendakian ada sebuah pasar tradisional yang lumayan besar. Sambil menunggu hujan reda, shalat isya dilakukan di masjid terdekat secara berjamaah. Disusul makan di warung nasi yang berada tidak jauh dari situ. Setelah itu sebagian teman-teman berbelanja perlengkapan mendaki seperti gazebo, sarung tangan, makanan kecil serta minuman ringan lainnya yang dijual diwarung sekitar pasar tersebut. Setelah semuanya siap, kami melakukan briefing dilanjutkan dengan berdo’a bersama untuk keselamatan pendakian dan penurunan nantinya.cuaca mulai cerah dan gerimis sudah sedikit reda dengan menyisakan sedikit rintik-rintik hujan. Bulan dan bintang dilangitpun sudah mulai menampakkan wajahnya. Pendakian dimulai tepat jam 10.00 wib, saya dan sebagian teman-teman pendaki masih ada yang mengenakan jas hujan.
*sayangnya ditempat  ini kami nggak sempat foto-foto.

Pendakian dimulai .......

istirahat-malam-hari
Waktu pendakian kami melakukan beberapa kali istirahat, ini salah satu fotonya
bulan-tertutup-awan

supermoon-padangpanjang

Kebetulan sekali pada malam tanggal 20 maret 2011 itu, ada supermoon sob, tapi kurang terlihat jelas karena cuaca yang sedikit berawan.

awan-gunung

bendera-KAMMI

gunung-merapi-padangpanjang-sumbar

kibar-bendera

pose-kedinginan

kabut-gunung-merapi

nama-dari-batu

Menunggu sekitar 1/2 jam di lereng cadas, karena awan pekat dan angin bertiup kencang sekali, membuat saya dan teman-teman tidak bisa melanjutkan pendakian, dan angin yang berhembus sangat dingin membuat kami tak bisa bergerak-kemana-mana.

Akhirnya....dengan penuh perjuangan akhirnya kami sampai juga di puncak merapi sekitar jam 05.30 pagi. Dilanjutkan dengan shalat berjamaah secara bergantian, karena kekurangan sajadah dan tempat untuk shalat.

Acara selanjutnya sudah tentu ber-kodak-kodak.. ada berpose sendiri-sendiri, dan bersama-sama.

KAMMI-sumbar-2

KAMMI-sumbar-1

KAMMI-sumbar

yozi-dahfil-putra

ceria-pagi

terkejut

Selesai berfoto kami memasak makanan, sudah waktunya makan.... :)
masing-masing teman-teman KAMMI mengeluarkan bekal makanan yang masih tersisa untuk dimasak. Dan kebanyakan ngeluarin mi instan, dan gila-nya sob, semua bekal yang di bawa habis pagi itu, tanpa ada yang tersisa. kebayang kan bagaimana siang nya :0

menyalakan-api-di-gunung

membuat-sarapan

sarapan-di-gunung

Di atas gunung merapi ada ( tanah ) cekungan yang bila hujan di genangi oleh air, sehingga jadi mirip telaga, yang nanti mengering dengan sendirinya oleh terik matahari. Setelah makan dan istirahat sejenak, kebetulan kami membawa bola kaki, teman-teman bermain bola di tepi telaga tersebut.

main-bola-di-gunung

semua-pendaki

Dan perjalanan dilanjutkan keseberang gunung melewati puncak tertinggi di gunung merapi yaitu puncak "merpati" untuk mengambil bunga khas yang hanya tumbuh di daerah pegunungan. Bunga Edelweis.

foto-keren

istirahat

turun-gunung

di-pinggang-gunung-merapi

Selesai mengambil bunga, kami melanjutkan planning berikutnya : "TURUN".
perjalanan kami sedikit terhalang oleh kabut yang dan badai yang bertiup sangat kencang, menutup pandangan. badai pun menggoyahkan posisi ketika berdiri, sehingga perjalanan tak berombongan lagi, dan perlahan-lahan. Setelah tiba di cadas tempat turun masih menunggu sekitar 1 jam, menunggu kabut hilang. Turun sekitar jam 13.00 wib, gerimis mulai turun.... dalam perjalanan turun hujan bertambah deras, bahkan sangat deras, mau tidak mau ya harus di tempuh.

Kami pun tiba di posko kaki gunung sekitar jam 15.00 wib, sementara yang lain menunggu sambil melepas lelah. salah seorang teman mencari angkutan untuk turun kebawah dengan seorang penjaga posko.

mobil pun datang...

Sesampai di bawah, ongkos di bayar tentunya :)

Kami mencari masjid untuk mencuci kotoran yang melekat di baju dan badan, maklum "bergelimang lumpur ". Beberapa teman ada yang mandi. setelah itu kami mencari tempat makan, kami memasuki rumah makan yang lumayan enak *menurut saya. :)

saya makan dengan lahapnya.

Sepakat untuk pulang setelah shalat maghrib, karena adzan maghrib pun sudah terdengar, kamipun shalat berjamaah dulu di masjid kemarin, tempat kami briefing.

Selesai shalat.

Menunggu mobil untuk di tumpangi kembali kepadang di tepi jalan raya. Lumayan lama, akhirnya dapat juga tuh mobil... setelah bernego dengan si sopir dan si kenek, merekapun sepakat mengantar kami sampai kealamat. Perjalanan pulang berjalan lancar dan aman.....

Saya tertidur dalam perjalanan sampai di wisma KAMMI, tempat kami diturunkan.
Tiba sekitar jam 23.00 wib.

Saya dan teman yang 2 lainnya diantar sampai kekost. Dan setiba di kost saya pun tertidur dengan pulas nya.

Sebelum tidur saya masih teringat akan :

SEJUTA CERITA
SEJUTA PENGALAMAN
SEJUTA KEBERSAMAAN
SEJUTA KECERIAAN
SEJUTA KELELAHAN...

Yang akan saya bagi kepada teman-teman lainnya di kampus besok.
Dan juga sobat yang sudah membaca postingan ini.

SALAM LESTARI UNTUK SEMUA PENDAKI.....

Share :

Facebook Twitter Google+
5 Komentar untuk "Pendakian pertama (1)"

ini temen-temen dari sumatera barat mendaki ke gunung merapi ya?? wah, salut gan! jauh-jauh dari sumatera ke pulau jawa hanya untuk mendaki...
di puncak gunuung merapi masih ada gak ya bendera komunitasku dulu waktu mendaki ke sana?? :)

salam kenal, akhy

keren banget mendaki gunung nya. indah banget di atas yah

bukan sob.
ini gn. merapi di padang panjang sumatra barat, bukan yg di jogja....
salam kenal juga ;)

Pecinta alam bukannya melestarikan malah di ambilin bunga edelweis nya.. hadehh.. salam rimba lestari!!

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug