Sejarah the rolling stones


The Rolling Stones

 

the-rolling-stones

Sebelum bicara soal sejarah band The rolling stone, sedikit curhat dulu nih sob...

Saya awal mulai menyukai ini band kurang lebih sekitar tahun 2006, ketika pertama kali melihat video klip lagu "streets of love" di TV, single yang dirilis pada bulan agustus 2005 dan terdapat dalam album " A bigger bang" ini terdengar sangat romantis, di iringi sayatan gitar listrik berirama khas rock & roll dari rolling stone tapi dengan sentuhan effect yang lebih modern.
Saya jatuh hati .... hihi

Tapi, meskipun lagu yang berjenis balada ini terdengar sangat mendayu-dayu, arti dari lagu itu sendiri adalah menceritakan kegalauan hebat seseorang yang sedang patah hati. 

Dari lagu tersebut, ketertarikan saya untuk mencari tahu lebih banyak tentang band The rolling stone pun berlanjut, download-download gratis lagu mereka, baca-baca artikel tentang mereka. Memang sih, the rolling stone sendiri adalah band yang sudah cukup "tua" di dunia musik,
angkatan mereka beda-beda tipis sama The beatles.

Sob, dari dulu sayapun tidak asing dengan nama The rolling stone, karena sejak sudah mulai tahu baca tulis (SD) saya sudah sering melihat logo band ini di berbagai tempat. Iya, logo mulut dengan lidah menjulur itu, yang biasanya di desain  dengan dominan warna merah di ikuti tulisan  The rolling stone dibawahnya. Tapi, karena waktu kecil belum tahu arti dari logo dan tulisan ini, sayapun kurang tertarik. ( terakhir saya baru tahu, ternyata logo bibir itu terinspirasi dari bibir sang vokalis Mick Jagger yang "sexy" )

Seiring waktu, dari berbagai sumber banyak sedikit saya sudah tahu lagu-lagu mereka. Namun, bagaimanapun ketika itu aliran musik yang diusung  The rolling stone ini, tidak "ngena" dengan saya, mungkin karena musiknya yang sudah bukan sudah zamannya lagi atau karena memang saya nya yang tidak suka (waktu itu).

Kita ketahui bersama, The rolling stone itu sendiri di tahun 70 - 80-an adalah band yang sangat di perhitungkan di dunia musik, banyak fans-fans dan band-band yang terinspirasi dengan style dan aliran musik yang mereka mainkan. Aliran musik mereka waktu itu terbilang jenis aliran baru dalam sub rock & roll, musik mereka (menurut saya) seperti musik di film-film koboy. Berbagai hits pun lahir, album-album mereka meledak di pasar internasional. Kehidupan para personilnyapun jadi bahan sorotan media, terlebih berbagai kontroversi yang dibuat oleh sang vokalis Mick Jagger. Namun, seiring waktu dan usia masing-masing personil yang sudah tidak produktif lagi dalam bermusik, lambat laun nama besar The rolling stone meredup, digantikan band-band muda dan dengan berbagai variasi musik yang baru.

The rolling stone belum mati, namanya masih menggema sampai sekarang, dan masih jadi kiblat berbagai band influence-nya.

Lagu mereka yang suka saya dengarkan adalah lagu-lagu yang bertempo slow, yang kalau didengarkan lagi sendiri membuat kita ngantuk dan serasa lagi berada di Texas sob, hehe....

Nah, itu cerita awal saya sampai sekarang menyukai band  The rolling stone, Sejarah lengkap perjalanan band The rolling stone sendiri bisa kalian baca di artikel yang telah saya kutip dari Wikipedia dibawah ini.

   The Rolling Stones adalah sebuah band rock Inggris yang mulai terkenal sejak tahun 1960-an  masih terkenal hingga sekarang. Apabila dianalogikan, The Rolling Stones adalah sebuah batu yang hingga kini masih menggelinding, entah sampai kapan.

   Dibentuk di London, Januari 1963. Tetapi sesungguhnya cikal bakal Stones sudah ada sejak tahun 1962 dengan formasi awal yang terdiri dari Mick Jagger (Vokal, Harmonika), Keith Richards (Lead Gitar), Brian Jones (Rhytm Gitar, Harmonika), Mick Avory (Drums) dan Dick Taylor (Bass). Kelak sang drummer Mick Avory akhirnya bergabung dengan The Kinks dbp Ray davies, dan Dick Taylor mendirikan bandnya sendiri yaitu The Pretty Things

   Band dengan formasi kuintet ini didirikan oleh Brian Jones (kelahiran Cheltenham, Inggris, 28 Februari 1942). Ia meninggalkan Cheltenham dan pergi ke London untuk membuat grup musik. Sebelum mendirikan The Rolling Stones, Brian sempat bergabung dengan band Cheltone Six (Sebagai pemain klarinet) dan The Ramrods. Ketika di London, Brian bertemu dengan Mick Jagger dan Keith Richards, yang dimana akhirnya mereka bertiga membentuk sebuah grup musik yang bernama Little Blue & The Blue Boys.

   Diawal penampilannya formasi Rolling Stones adalah Mick Jagger (vokal), Keith Richards (gitar), Brian Jones (multi instrumentalis), Bill Wyman (bass), Charlie Watts (drum) dan terakhir Ian Stewards (keyboard) yang setelah dipertimbangkan sudah tidak sesuai lagi dengan idola remaja (pada masa itu) ada sumber lain yang menyatakan kelompok band dengan anggota 6 orang, personilnya akan lebih sulit dikenal satu persatu oleh penggemar dibanding band dengan anggota 4 atau 5 orang, akhirnya keluar dengan hormat dari formasi kelompok musik tersebut dan kemudian menjadi tour manager sekaligus pemain keyboard kelompok ini pada tahun 1963 hingga wafat tahun 1985. Jones dianggap memimpin band selama Jagger dan Richards menciptakan lagu yang kelak menjadi lagu-lagu hit kelompok ini, Hingga tahun 1969 peranan Jones makin jauh berkurang bahkan dia tidak bisa ikut tur ke Amerika Serikat karena alasan hukum, dia mengundurkan diri dengan hormat dari band tersebut. Beberapa minggu kemudian Jones ditemukan tewas tenggelam. Gitaris Mick Taylor mengganti posisinya bergabung dengan Rolling Stones dan mungundurkan diri tahun 1974, kemudian posisinya digantikan oleh Ronnie Wood. Bill Wyman mengundurkan diri tahun 1992 posisinya diganti Darryl Jones tapi tidak masuk dalam formasi band sepenuhnya.
                                                         

Share :

Facebook Twitter Google+
2 Komentar untuk "Sejarah the rolling stones"

wahh keren mas bro..
dtunggu postingan yg laenx gan..syukur2 klo mw d'tmpilin Mr.Big..hehhe

yuhhuuuu.,
akan saya usahakan gan..,

Buat yang gak punya akun blogger masih bisa ikutan koment kok. Caranya,
Pilih (Name/Url) lalu masukan nama dan link kamu (misal link FB).

Thanks buat yang ninggalin koment #KissHug

Pengikut

Back To Top